PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 LUWU TIMUR

FATWA, QORI (2022) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of QORI FATWA.pdf] Text
QORI FATWA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Qori Fatwa, 2022. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan
Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 8
Luwu Timur”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Baderiah dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru
Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri
8 Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh komunikasi
interpersonal guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik
di SMA Negeri 8 Luwu Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
asosiatif. Fokus pada pengungkapan untuk menguji teori-teori tertentu dengan
cara meneliti pengaruh dan hubungan antara variabel. penelitian ini dilaksanakan
di SMA Negeri 8 Luwu Timur, populasinya adalah seluruh peserta didik
beragama Islam kelas XI tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri atas 6 (enam) kelas
dengan jumlah 154 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 60 peserta didik. Data
diperoleh melalui observasi non partisipan dan kuesioner.
Berdasarkan Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana
dengan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehinnga Ha diterima dan
Ho ditolak, yang memberikan pengertian bahwa: terdapat pengaruh Komunikasi
Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam (X) yang positif dan signifikan
terhadap Prestasi belajar PAI Peserta Didik (Y) kelas XI di SMA Negeri 8 Luwu
Timur dengan tingkat pengaruh yaitu sebesar 48,4%. Dengan demikian, semakin
baik komunikasi interpersonal guru maka semakin tinggi prestasi belajar peserta
didik.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar, Regresi Sederhana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:36
Last Modified: 14 Nov 2023 01:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item