UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK DI UNIT PELAKSANA TEKNIS SMP NEGERI 3 SATAP RONGKONG KABUPATEN LUWU UT

FIKARDI, FIKARDI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK DI UNIT PELAKSANA TEKNIS SMP NEGERI 3 SATAP RONGKONG KABUPATEN LUWU UT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FIKARDI.pdf] Text
FIKARDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fikardi, 2023 “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk
Karakter Gemar Membaca bagi Peserta Didik di Unit Pelaksana Teknis
SMP Negeri 3 Satap Rongkong Kabupaten Luwu Utara.” pada Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi PendidikaN Agama Islam di
bimbing oleh Bapak M. Arif, selaku pembimbing utama dan Bapak Abdul
Rahim Karim selaku pembimbing kedua. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter membaca peserta didik yang
semakin berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas karakter
membaca peserta didik dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
membentuk karakter gemar membaca bagi peserta didik di Unit Pelaksana Teknis
SMP Negeri 3 Satap Rongkong. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan
pendekatan fenomenologi. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari kepala
sekolah dan guru. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Realitias literasi membaca peserta
didik di UPT SMP Negeri 3 Satap Rongkong sudah dilaksanakan sejak tahun
2019 dan sekolah mulai gencar mengimplementasikan semampunya. Semua
pelaku akademik paham bahwa peringkat karakter gemar membaca patut
mendapat perhatian. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan pihak sekolah
khususnya guru PAI untuk membentuk karakter gemar membaca pada peserta
didik yakni dengan memberikan jadwal kunjungan ke perpustakaan pada saat
mata pelajarannya yang kemudian siswa di arahkan untuk membaca 1 buku
perorang, kemudian merangkum hasil bacaan. Jadwal ini dilakukan setiap hari
kamis di perspustakaan sekolah yang melibatkan guru mata pelajaran, siswa dan
juga penjaga perpustakaan. Adapun hal-hal yang diupayakan sekolah khususnya
guru PAI yakni a) menyediakan fasilitas yang memadai, b) menyediakan literatur
yang relevan, c) menciptakan kondisi sosial emosional yang bermanfaat dalam
proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan telah membentuk pola kebiasaan
pada peserta didik yang terjadi secara konsisten tanpa paksaan guru. Dengan kata
lain, kebiasaan membaca telah terbentuk dan pola ini masih berlangsung sampai
sekarang. Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Gemar Membac

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:49
Last Modified: 13 Nov 2023 02:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7850

Actions (login required)

View Item View Item