UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS III MIN 3 LUWU

KHATIMAH, CHUSNUL (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS III MIN 3 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of CHUSNUL KHATIMAH.pdf] Text
CHUSNUL KHATIMAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Chusnul Khatimah, 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model
Pembelajaran Picture and Picture pada Materi
Perkembangan Teknologi Komunikasi pada Siswa Kelas III
MIN 3 Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Salmilah
dan Mirnawati.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model
Pembelajaran Picture and Picture pada Materi Perkembangan Teknologi
Komunikasi pada Siswa Kelas III di MIN 3 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran dan
peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Picture and Picture
pada materi perkembangan teknologi komunikasi. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
tes. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: Aktivitas guru pada pra siklus dalam menerapkan model Picture and
Picture berkategori “Sangat Kurang” karena hanya memperoleh jumlah skor 10
dengan persentase 48%, pada siklus I berkategori “Cukup” karena memperoleh
jumlah skor 16 dengan persentase 76%, serta pada siklus II berkategori “Baik”
karena memperoleh jumlah skor 18 dan persentase 86%; Aktivitas guru yang
menjadi aspek penilaian dalam observasi terdiri dari melakukan apersepsi dan
menyampaikan tujuan pembelajaran serta kompetensi dasar yang ingin dicapai,
menyajikan materi sebagai pengantar, menunjukkan atau memperlihatkan gambar�gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi, menunjuk atau memanggil siswa
secara bergantian memasang atau mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan
yang logis, menanyakan alasan atau dasar pemikiran urutan gambar kepada siswa,
memulai menanamkan materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, dan
memberikan kesimpulan atau rangkuman di akhir pembelajaran; Hasil tes belajar
siswa pada pra siklus memperoleh skor 9 dan 60% berkategori “Kurang”, pada
siklus I memperoleh skor 11 dan 73% berkategori “Cukup”, dan pada siklus II
memperoleh skor 13 dan 87% berkategori “Baik”.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Picture and Picture

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:23
Last Modified: 15 Nov 2023 02:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7861

Actions (login required)

View Item View Item