PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V DI SD ISLAM TERPADU AL-BASIRAH KOTA PALOPO

RUSTIANI, RUSTIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V DI SD ISLAM TERPADU AL-BASIRAH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RUSTIANI.pdf] Text
RUSTIANI.pdf

Download (957kB)

Abstract

ABSTRAK
RUSTIANI, 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) Siswa Kelas V Di SD Islam Terpadu Al-Basirah Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Rosdiana dan
Mirnawati.
Penelitian ini membahas mengenai Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam siswa Kelas V di SD Islam Terpadu Al-Basirah Kota Palopo. Tujuan
penelitian: 1). Untuk mendskripsikan penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) pada siswa Kelas V Di SD Islam Terpadu Al-Basirah Kota Palopo 2).
Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) pada kelas V SD Islam Terpadu Al-Basirah Kota Palopo. Jenis
penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan kelas. Sumber data terdiri dari
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan penelitian tindakan kelas ini dilakukan
dengan II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yang diperoleh
setelah pelaksanaan pembelajaran, dapat diketahui bahwa hasil penelitian
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Terdapat perbedaan antara
siklus I dan II pada penelitian ini yaitu pada siklus II pada kegiatan awal guru
memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran siklus
I agar lebih serius dalam mengikuti pembelajaran, serta tetap memberikan
semangat kepada siswa yang sudah berhasil dalam pembelajaran pada siklus I.
Kemudian pada kegiatan inti guru membuat kelompok yang dibentuk pada
siklus II ditata kembali disesuaikan dengan kondisi/kendala yang dijumpai pada
siklus I. Selanjutnya Guru berkeliling memantau diskusi dalam kelompok asal,
dan memastikan agar setiap kelompok dapat memahami materi secara utuh.
Guru juga memberikan bantuan apabila ada anggota kelompok kesulitan
memberikan penjelasan materi yang diampu kepada temannya dalam kelompok
asal. Dalam penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:52
Last Modified: 14 Nov 2023 01:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7875

Actions (login required)

View Item View Item