INGKAT KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SCANNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 353 PATALABUNGA KABUPATEN LUWU

TRILESTARI, RASWI (2023) INGKAT KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SCANNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN 353 PATALABUNGA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RASWI TRILESTARI.pdf] Text
RASWI TRILESTARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Raswi Trilestari, 2023. “Tingkat Kemampuan Membaca Cepat dengan
Menggunakan Teknik Scanning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Siswa Kelas V di SDN 353 Patalabung Kabupaten Luwu”. Skripsi
Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin
Kaso dan Mirnawati.
Skripsi ini membahas tentang Tingkat Kemampuan Membaca Cepat
dengan Menggunakan Teknik Scanning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Siswa Kelas V di SDN 353 Patalabunga Kabupaten Luwu. Penelitian ini
bertujuan : Untuk mengukur tingkat kemampuan membaca cepat dengan
menggunakan teknik scanning pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas
V di SDN 353 Patalabunga Kabupaten Luwu
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
merupakan kelompok penelitian tindakan kelas yang memiliki tujuan untuk
memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh
gurunya sendiri. Sesuai dengan tujuannya, peneliti ingin menganalisis
kemampuan membaca cepat dengan menggunakan teknik scanning pada mata
pelajaran bahasa scanning dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan
membaca cepat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 353 Patalabungan Kabupaten
Luwu, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 25 siswa. Durasi
penelitian ini adalah satu bulan dengan pengaplikasian beberapa kegiatan meliputi
pra siklus, persiapan, perencanaan, siklus I, siklus II, pengelolaan data,
penyususnan hasil dan pengajuan hasil. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar tes siswa,
dan lembar wawancara siswa.
Hasil penelitian ini adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran
dengan menggunakan teknik scanning pada pembelajaran membaca cepat siklus I
mencapai kategori cukup baik yaitu 70,8% dan pada tindakan siklus II mengalami
peningkatan menjadi 91,6% dengan kategori Sangat Baik. Adanya skor membaca
cepat siswa yang hanya memperoleh 162 kpm pada siklus I dan mengalami
peningkatan pada siklus II mencapai 222 kpm, dan pemahaman isi bacaan juga
mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Membaca Cepat, Techniques scanning

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:01
Last Modified: 14 Nov 2023 02:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7878

Actions (login required)

View Item View Item