STRATEGI GURU WALI KELAS DALAM MENGATASI KONFLIK ANTAR SISWA DI SMA NEGERI 4 PALOPO

DARMAYANTI, DARMAYANTI (2023) STRATEGI GURU WALI KELAS DALAM MENGATASI KONFLIK ANTAR SISWA DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI DARMAYANTI MPI.pdf] Text
SKRIPSI DARMAYANTI MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Darmayanti, 2023. “Strategi guru wali kelas dalam mengatasi konflik antar
siswa di SMA Negeri 4 Palopo” Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegeruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Alauddin dan Muhazzab Said.
Skripsi ini membahas tentang strategi guru wali kelas dalam mengatasi
konflik antar siswa di SMA Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bentuk dan penyebab terjadinya konflik antar siswa di SMA Negeri 4
Palopo, untuk mengetahui strategi guru wali kelas dalam mengatasi konflik antar
siswa di SMA Negeri 4 Palopo, untuk mengetahui faktor penghambat dan
pendukung dalam mengatasi konflik antar siswa di SMA Negeri 4 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru bimbingan konseling,
guru wali kelas dan siswa. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan studi
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, mengetahui bentuk
konflik dan penyebab terjadinya konflik antar siswa di SMA Negeri 4 Palopo
yaitu terdapat beberapa jenis konflik yang timbul dari dalam diri individu
(intrapersonal), dan konflik terjadi antar dua orang atau lebih (interpersonal)
kasusnya disebabkan dari perasaan iri hati terhadap siswa lain pada saat
menginginkan sesuatu, dan adanya faktor perbedaan pendapat sehingga muncul
hal yang tidak yang tidak diinginkan terjadi seperti perkelahian, pengkeroyokan
dan kasus lainnya. Kedua, Strategi yang digunakan guru wali kelas dalam
mengatasi konflik antar siswa yaitu dengan memberikan nasehat yang baik kepada
siswa, memberikan teguran dan juga ancaman, tepatnya pada strategi, eskalasi
(memberikan sanksi), kolaboratif, kompromi dan penghalusan (memberikan
nasehat). Ketiga, Faktor penghambat dan pendukung dalam mengatasi konflik
antar siswa yaitu faktor penghambatnya disebabkan dari penolakan solusi yang
diberikan kepada siswa yang berkonflik, ingin menang sendiri, dan kurang
baiknya jalinan komunikasi antar sipelaku dan pihak yang menyelesaikan.
Sedangkan yang menjadi faktor pendukung yaitu adanya kerja sama yang baik
antar guru-guru di sekolah, dan orang tua siswa yang berkonflik proaktif dalam
proses penyelesaian masalah.
Kata Kunci : Strategi Guru, Konflik, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.401 Manajemen Perencanaan dan Manajemen Strategi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:25
Last Modified: 14 Nov 2023 02:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7879

Actions (login required)

View Item View Item