PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI CANVA DAN HEYZINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 03 PALOPO

ISMAIL, HAJAR (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI CANVA DAN HEYZINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 03 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HAJAR ISMAIL.pdf] Text
HAJAR ISMAIL.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK
Hajar Ismail, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis
Aplikasi Canva dan Heyzine Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMPN 03 Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh H. Hisban Thaha dan Hasriadi.
Kenyataan di lapangan memperlihatkan bahwa pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMPN 03 Palopo masih disajikan secara teoritis dan lebih banyak
berpusat pada guru. Hal tersebut dikarenakan belum tersedianya sumber belajar
yang bervariasi seperti e-modul sehingga menyebabkan kurangnya minat dan
motivasi siswa dalam memahami pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan
efektifitas media pembelajaran e-modul berbasis aplikasi canva dan heyzine pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 03 Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and
Development), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII SMPN 03 Palopo tahun ajaran 2022/2023. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar analisis, lembar validasi,
angket praktikalitas, tes hasil belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualiltatif dan deskriptif kuntitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul pendidikan agama Islam
dari segi kevalidan telah memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor 84,21%
oleh ahli media, 95% oleh ahli materi dan 81,81% oleh ahli bahasa. Memenuhi
kriteria praktis dengan perolehan skor 98% oleh pendidik dan 91% oleh peserta
didik. E-modul berbasis aplikasi canva dan heyzine juga efektif digunakan dalam
pembelajaran karena telah diperoleh ketuntasan klasikal 93% tes uraian dan 87%
tes pilihan ganda. Dengan demikian e-modul pendidikan agama Islam berbasis
aplikasi canva dan heyzine pada materi pengamalan salat sunnah layak digunakan
dalam prose pembelajaran.
Kata kunci : E-Modul, Pendidikan Agama Islam, Canva & Heyzine

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Nov 2023 00:05
Last Modified: 15 Nov 2023 00:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7890

Actions (login required)

View Item View Item