PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

PARAMITA, PARAMITA (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi paramita.pdf] Text
skripsi paramita.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Paramita, 2023.“Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan
Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Kelas VIII SMP
Negeri 8 Palopo,” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Baderiah dan Subhan.
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta didik di Kelas VIII SMP Negeri
8 Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran kecerdasan
emosional peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo; 2) Untuk mengetahui
peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik; 3)
Untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional
peserta didik.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif fakta lapangan
dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
memadatkan data, membuat kesimpulan, menarik dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kecerdasan emosional
peserta didik di kelas VIII.3 SMP Negeri 8 Palopo dengan hasil yang sangat
tinggi, dimana peserta didik telah mampu memahami dan mengelola emosi diri,
mampu memotivasi diri dan dapat mengenali emosi orang lain. 2) Peran guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta
didik telah memberikan yang terbaik dalam pengajarannya. Dimana guru berperan
sebagai motivator dengan menerapkan metode diskusi dan sebagai fasilitator bagi
peserta didik dalam proses pembelajaran. 3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam
dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik dengan menjalin
kerjasama dengan FUAD IAIN Palopo dalam memberikan bimbingan sesuai
dengan minat peserta didik serta pihak sekolah menyediakan kegiatan
ekstrakurikuler agar potensi peserta didik dapat tersalurkan.
Kata Kunci: Peran, Guru, Kecerdasan Emosional, Potensi, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 15 Nov 2023 00:57
Last Modified: 15 Nov 2023 00:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item View Item