KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 LUWU UTARA

RAHMADANI, SUCI (2023) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUCI RAHMADANI.pdf] Text
SUCI RAHMADANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Suci Rahmadani, 2023.“Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Pemebelajaran Efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3
Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Hj. St Marwiyah dan Amir
Faqihuddin Assafari.
Skripsi ini mengkaji tentang kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam
pembelajaran efektif di sekolah menengah atas Negeri 3 Luwu Utara. Tujuan
penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam
dalam pembelajaran efektif di sekolah menengah atas negeri 3 Luwu Utara. 2)
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam
pembelajara efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Luwu Utara. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mendapatkan data dan
mengumpulkan data-data yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Jenis
penelitian merupakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data
penelitian ini yaitu triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kreativitas Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Pembelajaran Efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3
Luwu Utara sudah cukup baik. Adapun bentuk kreativitas yaitu dengan
menggunakan media dan metode pembelajaran, media yang di gunakan adalah
buku paket dan proyektor, kemudian mampu mengolah kelas dengan baik.
Sedangkan metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode tanya jawab,
diskusi dan lain sebagainya. 2) Faktor pendukung yaitu tersedianya waktu dan
dorongan dari dalam pribadi guru, keinginan guru untuk meningkatkan
pengetahuan siswa dan semangat siswa dalam belajar serta siswa yang antusias
mendukung guru untuk selalu bertindak secara kreatif. Faktor penghambat yaitu
sikap dan perilaku siswa dalam kelas, sebagian siswa memiliki daya serap yang
rendah terhadap materi pembelajaran.
Kata Kunci: Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Efektif

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:58
Last Modified: 15 Nov 2023 01:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7902

Actions (login required)

View Item View Item