PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KOMPREHENSIF BERBASIS MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS II SDN 50 BULU’ DATU

MULIATI, MULIATI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KOMPREHENSIF BERBASIS MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS II SDN 50 BULU’ DATU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MULIATI.pdf] Text
MULIATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Muliati, 2023, “Peningkatan Kemampuan Membaca Komprehensif Berbasis
Model talking stick Pada Siswa Kelas II SDN 50 Bulu’ Datu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo.
Pembimbing (I) Nurdin K (II) Mirnawati.
Kemampuan membaca dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam
menerima materi pelajaran. Karena didalam setiap proses pembelajaran akan ada
aktivitas membaca. Dengan kata lain, siswa diharuskan untuk dapat membaca,
menilai, bahkan menganalisis bahan pelajaran yang dipelajari. Kemampuan
membaca komprehensif sangat penting dalam membentuk pribadi siswa, serta
memahami dan dapat berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat. Agar
membaca komprehensif siswa baik guru harus memiliki kemampuan untuk
memahami serta mengoptimalkan proses pembelajaran yang menarik dengan
berbagai macam model pembelajaran yang menunjang. Dalam penelitian ini salah
satu model pembelajaran yang dianggap dapat mengaktifkan siswa dalam proses
pembelajaran di kelas yaitu model Talking Stick, dengan tujuan agar terciptanya
PAKEM serta memperoleh hasil yang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk (I) mengetahui perencanaan pembelajaran
kemampuan membaca komprehensif berbasis model Talking Stick pada siswa kelas
II SDN 50 Bulu’datu, (II) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu, (III)
mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca komprehensif siswa
menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, tes terbagi menjadi dua yaitu pretest dan
posttest, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (I) perencanaan pembelajaran
kemampuan membaca komprehensif berbasis model Talking Stick dilihat dari hasil
observasi guru pada siklus I memperoleh sebesar 77,88% dan siklus II sebesar
81,23% dengan nilai rata-rata 77,55% dan mengalami peningkatan sebesar 7,35%.
(II) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada
siklus I memperoleh sebesar 66% dan siklus II 85% dan mengalami peningkatan
sebesar 19%. (III) hasil peningkatan kemampuan membaca komprehensif siswa
menggunakan model Talking Stick memperoleh hasil persentase siswa yang tuntas
belajar pada siklus I sebesar 64 % dan siklus II sebesar 91 % dan mengalami
peningkatan sebesar 27% dengan kata lain, model pembelajaran Talking Stick dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan membaca komprehensif pada
mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDN 50 bulu’datu.
Kata kunci : Model Talking Stick, Membaca Komprehensif, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:28
Last Modified: 15 Nov 2023 02:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7905

Actions (login required)

View Item View Item