PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI MENULIS PUISI DI KELAS IV SDN 011 RANTE PASANG KAB. LUWU UTARA.

Malagunna, Filda Angriani (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI MENULIS PUISI DI KELAS IV SDN 011 RANTE PASANG KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Filda Angriani Malagunna_1902050085.pdf] Text
Filda Angriani Malagunna_1902050085.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Filda Angriani Malagunna, 2023. “Pengembangan LKPD Berbantuan Model
Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontekstual pada Materi
Menulis Puisi di Kelas IV SDN 011 Rante Pasang Kab. Luwu Utara”
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Firman dan Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas mengenai penelitian pengembangan LKPD
Berbantuan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontekstual pada
Materi Menulis Puisi di Kelas IV SDN 011 Rante Pasang Kab. Luwu Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Menganalisis kebutuhan LKPD berbantuan
model pembelajaran think talk write berbasis kontekstual pada materi menulis
puisi, (2) Mengetahui tingkat validitas dari LKPD berbantuan model pembelajaran
think talk write berbasis kontekstual pada materi menulis puisi yang
dikembangkan, (3) Mengetahui tingkat praktikalitas dari LKPD berbantuan model
pembelajaran think talk write berbasis kontekstual pada materi menulis puisi yang
di uji cobakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu: (1) tahap analize, (2) tahap
design, (3) tahap development, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi.
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2023 dengan melibatkan 20 orang peserta
didik kelas IV SDN 011 Rante Pasang. Sedangkan objek penelitian adalah LKPD
yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Data penelitian
dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan tes kemudian dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan tahap analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di SDN 011
Rante Pasang, maka dibutuhkan sebuah inovasi baru terutama dalam hal bahan
ajar berbentuk buku dalam hal ini LKPD berbantuan model pembelajaran think
talk write berbasis kontekstual terutama pada materi puisi dikelas IV. Selanjutnya
LKPD divalidasi oleh tiga orang ahli sebagai validator diantaranya ahli bahasa
80% (valid), ahli materi 93% (sangat valid) dan ahli desain 68% (valid).
Sedangkan untuk hasil praktikalitas dengan melibatkan 20 orang peserta didik dan
seorang wali kelas IV sebagai subjek penelitian memperoleh nilai yang sangat
positif dengan hasil 90,61% dari peserta didik dan 92,85% dari guru kelas IV
dengan tingkat praktikalitas sangat praktis.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik; Kontekstual; Puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:22
Last Modified: 16 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item