PERANAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 5 PALOPO

SAHAR, IKWAN (2023) PERANAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI IKWAN SAHAR S.Pd.pdf] Text
SKRIPSI IKWAN SAHAR S.Pd.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ikwan Sahar, 2023. “Peranan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan
Profesionalisme Guru di SMP Negeri 5 Palopo.” Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud dan
Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang peranan supervisi pendidikan dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran profesionalisme guru di SMP Negeri 5
Palopo, untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMP Negeri 5 Palopo, dan untuk mengetahui dampak
pelaksanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di
SMP Negeri 5 Palopo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Penelitian ini termasuk termasuk penelitian lapangan atau obsevasi dengan format
desain deskriptif dengan tujuan untuk mengungkap makna di balik data yang
nampak. Peneliti berupaya mengungkap makna yang ada fenomena tentang
bagimana Peranan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme
Guru di SMP Negeri 5 Palopo. Sedangkan untuk data dan sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh dari subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru SMP Negeri 5
Palopo. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa daftar pedoman
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru di SMP Negeri 5
Palopo dapat digolongkan cukup baik. Hal ini sesuai dengan data hasil penelitian
berupa hasil wawancara dengan kepala sekolah SMP Negeri 5 Palopo yang
menerangkan bagaimana persiapan guru sebelum melakukan pembelajaran,
bagaimana pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan bagaimana evaluasi yang
dilakukan oleh guru dari hasil belajar yang diperoleh. Kemudian pelaksanaan
supervisi akademik di SMP Negeri 5 Palopo dilakukan mulai dari pra-observasi,
observasi eklas, dan post-observasi. Dan untuk dampak pelaksanaan supervisi
pendidikan di SMP Negeri 5 Palopo sangat berpengaruh terhadap peningkatan
profesionalisme guru. Guru yang awalnya tidak secara terstruktur dalam
menyiapkan perencanaan pembelajaran, perangkat pembelajaran dan juga media
pembelajaran setelah rutin dilakukan supervisi maka guru harus membuat seluruh
rencana pembelajaran mulai dari perangkat pembelajaran, materi ajar, hingga
media pembelajaran.
Kata Kunci: Supervisi, Pendidikan, profesionalisme

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:11
Last Modified: 16 Nov 2023 06:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7949

Actions (login required)

View Item View Item