PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI MTsN PALOPO

SULKIFLI, SULKIFLI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI MTsN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi sulkifli (3).pdf] Text
skripsi sulkifli (3).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulkifli., 2023, peningkaatan hasil belajar matematika peserta didik melalui
penerapan model pembelajaran Student Team Acievement Division (STAD)
di MTsN Palopo, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo,
Dibimbing Nur Rahmah dan Muhammad Ihsan
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Student
Team Acievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika
peserta didik di MTsN Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
kemampuan hasil belajar matematika peserta didik serta untuk mengetahui
keefektifan model pembelajaran Student Team Acievement Division (STAD)
terhadap hasil belajar matematika peserta didik di kelas VII E MTsN Palopo.
Skrispi ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins
dimana terdiri 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan dengan
pemberian tes disetiap akhir siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan
menggunakan tes kemampuan hasil belajar matematika, lembar observasi
aktivitas peserta didik dan guru. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tes hasil belajar matematika
peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 58,66 mengalami
peningkatan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 80,66. 2) Rata-rata persentase
pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 90,62% mengalami
peningkatan pada siklus II sebesar 91,40%, sedangkan rata-rata persentase
pengamatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 89,06% mengalami peningkatan
pada siklus II sebesar 90,62%. Dengan demikian rata-rata hasil belajar
matematika dan lembar observasi peserta didik atau guru mengalami peningkatan
dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci: Student Team Acievement Division (STAD), Hasil belajar
matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:21
Last Modified: 16 Nov 2023 06:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7950

Actions (login required)

View Item View Item