PERSEPSI PEDAGANG MUSLIM DI KOTA PALOPO TERHADAP URGENSI LABELISASI HALAL PRODUK

HIKMA, NURUL (2023) PERSEPSI PEDAGANG MUSLIM DI KOTA PALOPO TERHADAP URGENSI LABELISASI HALAL PRODUK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURUL HIKMA.pdf] Text
NURUL HIKMA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
NURUL HIKMA, 2023. “Persepsi Pedagang Muslim di Kota Palopo Terhadap Urgensi
Labelisasi Halal Produk”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Isntitus Agama Islam Negeri Palopo IAIN Palopo.
Dibimbing oleh Dr. Muh. Ruslan Abdullah, S.EI., M.A.
Skripsi ini membahas tentang Persepsi Pedagang Muslim Di Kota Palopo Terhadap
Urgensi Labelisasi Halal Produk. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
bagaimana persepsi pedagang muslim di Kota Palopo terhadap urgensi labelisasi halal
produk (2) mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi persepsi pedagang muslim
terhadap urgensi labelisasi halal produk. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian yaitu jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang
digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil
wawancara dan data sekunder diperoleh dari kajian pustaka, jurnal dan buku. Adapun
teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Selanjutnya data penelitian dianalisis dengan teknik reduksi, data, penyajian, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi pedagang
muslim di Kelurahan Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo dikelompokkan
menjadi dua yaitu: pertama persepsi positif, 6 pedagang pernah melihat labelisasi halal
dan mengetahui bentuknya, mereka juga cukup memahami manfaat dari labelisasi halal
dan mengganggap bahwa labelisasi halal penting bagi suatu produk yang dipasarkan,
diantara urgensi labelisasi halal menurut pedagang yaitu dapat menjamin kehalalan
produk yang diperjualbelikan terutama bagi umat muslim. Kedua persepsi negatif,
yaitu 2 pedagang lainnya hanya pernah melihat bentuk labelisasi halal tetapi untuk
manfaatnya belum memahami secara pasti dan menganggap tidak penting untuk
diterapkan karena makanan yang diperjualbelikan bersumber dari bahan yang aman
dan halal. (2) Bagi para pedagang di Kelurahan Kambo, faktor yang memengaruhi
persepsi mereka diantaranya pelaku persepsi itu sendiri yang didasarkan pada
karakterstik masing-masing pedagang terhadap pengetahun dan keyakinan meraka
terhadap labelisasi halal. Kemudian objek labelisasi halal yang diyakini dapat menjadi
nilai tambah untuk menarik pelanggan Dan yang terakhir unsur lingkungan atau
keadaan sekitar juga mempengaruhi persepsi para pedagang.
Kata Kunci: Labelisasi Halal, Persepsi, Urgensi.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:55
Last Modified: 21 Nov 2023 02:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7993

Actions (login required)

View Item View Item