PENGARUH INOVASI PRODUK DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI KOTA PALOPO

BATARI, IBTIDAH HIDAYAH (2023) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IBTIDAH HIDAYAH BATARI.pdf] Text
IBTIDAH HIDAYAH BATARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ibtidah, 2023 “Pengaruh Inovasi Produk dan Media Sosial terhadap
Peningk t n Penju l n UMKM di Kot P lopo” Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh Edi Indra Setiawan,
S.E.,M.M.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh inovasi produk dan media soial terhadap
peningkatan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi
produk terhadap peningkatan penjualan, untuk menguji pengaruh media sosial
terhadap peningkatan penjualan, dan menguji pengaruh inovasi produk dan
media sosial terhadap peningkatan penjualan secara simultan. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu
Seluruh UMKM di Kota Palopo Sebanyak 14.048 unit. Pengambilan jumlah
sampel dilakukan dengan rumus slovin dan didapatkan sampel sebanyak 99.
Pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling,
dimana populasi diambil secara acak sehingga semua populasi mempunyai
peluang dan kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Hasil Penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) Variabel Pengarub Inovasi Produk (X1) Berpengaruh
positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan (Y) dimana t hitung 7,527 >
1,660 ttabel dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. 2) Variabel Media sosial (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan (Y) dimana
nilai t hitung 4,446 > 1,660 ttabel dan signifikansi 0,00 < 0,05. 3) Variabel Inovasi
produk (X1) dan Media Sosial (X2) berpengaruh secara simultan dan signifikan
terhadap peningkatan penjualan (Y) dimana nilai f hitung sebesar 137,649 > 3,09 f
tabel dan nilai signifikansinya 0,00 < 0,05. Artinya Variabel inovasi produk (X1)
dan Media sosial (X2) secara simultan atau bersama-sama terhadap peningkatan
penjualan sebesar 74,1%.
Kata Kunci : Inovasi produk, Media sosial , Pendapatan, UMKM,

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 Nov 2023 00:11
Last Modified: 29 Nov 2023 00:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8027

Actions (login required)

View Item View Item