EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS SMA NEGERI 4 PALOPO

PRASETYA, SISKAWATI (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SISKAWATI PRASETYA.pdf] Text
SISKAWATI PRASETYA.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK
Siskawati Prasetya, 2023. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran
Cooperative Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Matematika Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 4 Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Muhammad Ihsan dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran
Cooperative Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik, hasil belajar
matematika, dan mengetahui keefektifan model pembelajaran cooperative problem
based learning.
Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-eksperimental
dengan tipe pre-test and post-test control group design. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dengan jumlah sampel 29 orang
peserta didik. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Kemudian data dianalisis
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas peserta didik
selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative problem
based learning diperoleh nilai persentase dengan kategori sangat baik. Selanjutnya
nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran cooperative problem based learning tergolong dalam kategori baik
dan nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang tidak menggunakan
model pembelajaran cooperative problem based learning tergolong dalam kategori
cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai signifikasi 0,001 < 0,05
sehingga dinyatakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 Nov 2023 00:31
Last Modified: 29 Nov 2023 00:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item View Item