PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET PADA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI MAWARIS SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

NURFATIMAH, NURFATIMAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET PADA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI MAWARIS SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURFATIMAH.pdf] Text
NURFATIMAH.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurfatimah, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu
Kuartet pada Pembelajaran Fikih Materi Mawaris Siswa
Kelas XI MAN Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Syamsu
Sanusi dan Hasriadi.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Permainan Kartu
Kuartet pada Pembelajaran Fikih Materi Mawaris. Penelitian ini bertujuan: untuk
mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media permainan kartu kuartet
pada pembelajaran fikih materi mawaris siswa kelas XI MAN Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu, penelitian pengembangan R&D
(Research and Development). Menggunakan model pengembangan ADDIE yang
dimulai dari tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI tahun ajaran 2023. Adapun objek
penelitian yaitu penyajian media pembelajaran menggunakan permainan kartu
kuartet sebagai media pembelajaran fikih. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu menggunakan lembar angket analisis kebutuhan guru dan siswa,
data validasi, praktikalitas dan efektifitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil persentase penilaian uji
validitas dari tiga validator media pembelajaran kartu kuartet pada pembelajaran
fikih materi mawaris yaitu ahli bahasa diperoleh skor 87% dengan kategori sangat
valid, ahli media diperoleh skor 78% kategori valid, dan ahli materi diperoleh skor
89,5% dengan kategori sangat valid. 2) Berdasarkan hasil uji praktikalitas oleh
siswa setelah menggunakan media permainan kartu kuartet diperoleh skor 83,4%
dengan kategori sangat praktis. 3) Adapun hasil uji efektifitas yang dilihat dari
hasil belajar siswa setelah menggunakan media permainan kartu kuartet telah
mencapai ketuntasan klasikal yaitu ≥ 75 diperoleh skor 89% sehingga dapat
diketahui bahwa media kartu kuartet yang dikembangkan sangat efektif untuk
digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Validitas, Praktikalitas, Efektivitas, Kartu Kuartet, Model ADDIE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:18
Last Modified: 30 Nov 2023 01:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8040

Actions (login required)

View Item View Item