PENGARUH SEGMENTASI PSIKOGRAFIS, SEGMENTASI TINGKAH LAKU, DAN TARGETING TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU

Idris, Febrianti (2023) PENGARUH SEGMENTASI PSIKOGRAFIS, SEGMENTASI TINGKAH LAKU, DAN TARGETING TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Febrianti Idris.pdf] Text
Febrianti Idris.pdf

Download (949kB)

Abstract

ABSTRAK
Febrianti Idris 2023, “Pengaruh Segmentasi Psikografis, Segmentasi Tingkah
Laku, dan Targeting Terhadap Minat Menjadi Nasabah
Pada Pegadaian Syariah Cabang Luwu” Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo dibimbing
oleh Ahmad Syarif Iskandar.
Skripsi ini membahas Pengaruh Segmentasi Psikografis, Segmentasi Tingkah
Laku, dan Targeting Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Pegadaian Syariah
Cabang Luwu Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk membuktikan
Pengaruh Segmentasi Psikografis, Segmentasi Tingkah Laku, dan Targeting
Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pada Pegadaian Syariah Cabang Luwu Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 1700 nasabah dan
sampel sebanyak 100 nasabah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
accidental sampling. Data diperoleh melalui kuesioner. Selanjutnya, data di
analisis menggunakan SPSS Versi 20
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan nilai
thitung variabel Segmentasi Psikografis sebesar 4.641 sementara nilai ttabel sebesar
1.984 yang berarti bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (4.641 >
1.984) serta nilai signifikansinya sebesar 0.00 lebih kecil dari 0.05 (0.00 < 0.05)
sehingga menunjukkan bahwa variabel segmentasi psikografis secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah. 2.
Berdasarkan hasil uji t menunjukkan nilai thitung variabel segmentasi tingkah laku
sebesar 4.612 sementara nilai ttabel sebesar 1.984 yang berarti bahwa nilai thitung
lebih besar dari pada nilai t tabel (4.612 > 1.984) serta nilai signifikansinya
sebesar 0.00 lebih kecil dari 0.05 (0.00 < 0.05) sehingga menunjukkan bahwa
segmentasi tingkah laku secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat menjadi nasabah 3. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan nilai thitung variabel
targetting sebesar 1.971 sementara nilai ttabel sebesar 1.984 yang berarti bahwa
nilai thitung lebih kecil dari pada nilai ttabel (1.971 < 1.984) serta nilai
signifikansinya sebesar 0.052 lebih besar dari 0.05 (0.02 < 0.05) sehingga
menunjukkan bahwa targetting secara parsial tidak berpengaruh terhadap
keputusan nasabah. 4. Berdasarkan hasil uji f, menunjukkan bahwa nilai F hitung
sebesar 18.941 dan nilai F tabel diperoleh sebesar 2,70. Dengan demikian nilai
Fhitung lebih besar dari Ftabel (62.627 > 2,70) jika dilihat dari nilai
probabilitasnya yaitu sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0.05) sehingga
kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan
antara variabel segmentasi psikografis, segmentasi tingkah laku dan targetting
terhadap minat menjadi nasabah di pegadaian syariah.
Kata Kunci : Segmentasi Psikografis, Segmentasi Tingkah Laku, Targeting,
Minat Menjadi Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:12
Last Modified: 30 Nov 2023 03:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8044

Actions (login required)

View Item View Item