MANAJEMEN STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA PALOPO TERHADAP PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA MUSTAHIK

PENITA, ICA (2023) MANAJEMEN STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA PALOPO TERHADAP PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA MUSTAHIK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ICA PENITA.pdf] Text
ICA PENITA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ica Penita, 2023. “Manajemen Strategi Badan Amil Zakat Nasional Kota Palopo
Terhadap Pengembangan Kualitas Pelayanan Kepada Mustahik.
Skripsi Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. H. Muh.
Rasbi, S.E., M.M.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang membahas tentang Manajemen
Strategi Badan Amil Zakat Nasional Kota Palopo Terhadap Pengembangan
Kualitas Pelayanan Kepada Mustahik. Penelitian ini dilakukan di Badan Amil
Zakat Kota Palopo tepatnya Jl. Kompleks Islamic Center, kel. Songka, Kec. Wara
Selatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang dilakukan
baznas Kota Palopo dalam meningkatkan serta mengembangkan kualitas
pelayanan kepada para Mustahik. Informan dari penelitian ini adalah wakil
pimpinan baznas Kota Palopo. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi,
studi kepustakaan, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitiannya menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan
oleh badan amil zakat nasional Kota Palopo dari tahun ketahun dalam
meningkatkan kualitas pelayanan tidak terlepas dari sumber daya manusia
sehingga mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan dan
penyaluran dana zakat kepada para mustahik dengan tepat. Kemudian, dalam
menigkatkan dan mengembangkan pelayanan yang akan dilakukan oleh baznas
kedepannya adalah membuat kotak saran yang nantinya akan di fungsikan untuk
para muzakki dan mustahik terkait dengan pelayanan yang diterima para pegawai
dan amil zakat yang ada di baznas Kota Palopo dan dijadikan sebagai acuan oleh
baznas Kota Palopo dalam melihat sudah seberapa maksimal pelayanan yang telah
mereka lakukan oleh masyarakat.
Kata kunci: Baznas, Manajemen Starategi, dan Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:04
Last Modified: 01 Dec 2023 07:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8052

Actions (login required)

View Item View Item