FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Mungkajang)

KHODIJA, ICHA (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Mungkajang). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ICHA KHODIJA.pdf] Text
ICHA KHODIJA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Icha Khodija, 2023, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat
Terhadap Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan
Mungkajang)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hamida, S.E.Sy.,
M.E.Sy
Skripsi ini membahas tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi
Masyarakat terhadap Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan
Mungkajang). Penelitian ini bertujuan: untuk mengeksplorasi persepsi masyarakat
terhadap bank syariah; untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi
masyarakat terhadap bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Software NVivo 12, yang
digunakan untuk memproses dan menganalisis data kualitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Kelurahan Mungkajang terhadap Bank
Syariah masih rendah, sebagian dari mereka hanya mengetahui dari segi namanya
saja, tidak mengetahui apa saja yang terdapat di dalam Bank Syariah baik dari
produk-produk, sistem bank syariah, keuntungan yang diperoleh bank syariah dan
lain lain. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat
Kelurahan Mungkajang terhadap Bank Syariah ialah Faktor Pengetahuan yaitu
tingkat pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah masih tergolong rendah,
persepsi mereka terhadap konsep bank syariah, riba, bunga, dan bagi hasil masih
beragam, kebanyakan dari mereka masih belum paham dan belum mengetahui
istilah-istilah tersebut, Faktor Informasi yaitu sebagian masyarakat hanya
mengetahui informasi yang didapatkan dari teman atau kerabat saja, tanpa
mencari langsung informasi tentang bank syariah, Faktor Sosial atau Lingkungan
yaitu masih banyak masyarakat yang sama sekali belum berinteraksi dengan bank
syariah hal ini terjadi karena masyarakat hanya mendegar dari mulut ke mulut saja
dan tidak lagi mencari informasi tentang bank syariah, dan Faktor Agama yaitu
beberapa dari mereka menganggap bahwa bank syariah hanya untuk masyarakat
muslim saja ini disebabkan pola pikir keyakinan yang terlalu kuat.
Kata Kunci: Faktor-faktor, Persepsi, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:12
Last Modified: 01 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item