STRATEGI MARKETING PRODUK IKAN ASIN MASYARAKAT NELAYAN DESA RANTEBELU KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

DEVI, DEVI (2023) STRATEGI MARKETING PRODUK IKAN ASIN MASYARAKAT NELAYAN DESA RANTEBELU KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DEVI.pdf] Text
DEVI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Devi, 2023. “Str tegi M rketing Produk Ik n Asin M s rakat Nelayan Desa
Rantebelu Kec m t n L rompong K bup ten Luwu”, Skripsi Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Burhan Rifuddin, SE., M.M
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi
marketing dan faktor penghambat dalam keberhasilan usaha ikan asin di Desa
Rantebelu. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut, maka penulis
menggunakan penelitian kualitatif untuk mengungkapkan informasi yang
diperlukan selama masa penelitian. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan
dengan mengadakan pengamatan, observasi serta wawancara dengan informan
penelitian di Desa Rantebelu Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing yang digunakan pemilik usaha
yaitu menggunakan marketing mix dalam usaha ikan asinnya, dari produk yang
ditawarkan yaitu menyediakan berbagai jenis ikan asin. Dalam menetapkan harga
pihak usaha ikan asin tetap mengikuti harga pasaran. Promosi yang dilakukan
adalah selain memasarkan produknya melalu mulut kemulut pihak usaha juga
menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya agar lebih diketahui
oleh masyarakat luas. Distribusi dalam usahan ikan asin ini yaitu melakukan
kerjasama dengan distribusi yang kecil seperti warung-warung atau toko-toko dan
pengecer. Adapun faktor penghambat dalam keberhasilan usaha ini yaitu ada di
cuaca dan lahan penjemuran ikan asin. Keempat strategi yang telah di terapkan
pada usaha ikan asin mayarakat nelayan desa Rantebelu telah mampu
meningkatkan pendapatan dilihat dari sarana dan prasarana para usaha ikan asin
yang sudah memadai.
Kata Kunci: Strategi Marketing, Marketing Mix, Produk Ikan Asin

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 04 Dec 2023 00:51
Last Modified: 04 Dec 2023 00:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item View Item