PENGARUH PSIKOLOGI DAN PEMAHAMAN NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK GADAI EMAS PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP PALOPO

FITRIANI, FITRIANI (2023) PENGARUH PSIKOLOGI DAN PEMAHAMAN NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK GADAI EMAS PADA BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KCP PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FITRIANI.pdf] Text
FITRIANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriani, 2023 “Pengaruh Psikologi dan Pemahaman Nasabah Terhadap
Keputusan Nasabah Pada Produk Gadai Emas Pada Bank Syariah
Indonesia (BSI) Kcp Palopo” pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Program Studi Manajemen Bisnis Syariah di bimbing oleh Bapak Muh.
Ruslan Abdullah.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan nasabah dalam menggunakan
produk gadai emas dapat dipengaruhi oleh faktor psikologi dan pemahaman
nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikologi terhadap
keputusan nasabah pada Produk Gadai Emas Pada Bank Syariah Indonesia (BSI)
Kcp Palopo. Pengaruh pemahaman nasabah terhadap keputusan nasabah pada
Produk Gadai Emas Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kcp Palopo. Dan
pengaruh faktor psikologi dan pemahaman nasabah terhadap keputusan nasabah
pada Produk Gadai Emas Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kcp Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif regresi berganda.
Populasi penelitian ini yaitu seluruh karyawan Hypermart Palopo. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dan random sampling.
Sampel yang digunakan sebanyak 50 Karyawan Hypermart Palopo. Penelitian
menggunakan instrumen angket, analisis data bersifat kuantitatif untuk menguji
hipotesis penelitian dengan regresi berganda. Pengumpulan data penelitian dengan
angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Terdapat pengaruh signifikan faktor
psikologi (X1) terhadap keputusan nasabah (Y) dengan thitung 2.619 ≥ ttabel 1.98472
dengan α = 0,025 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada
pengaruh aspek faktor psikologi (X1) terhadap keputusan nasabah (Y). Hal ini
berarti bahwa faktor psikologi (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan
nasabah (Y) yang dijelaskan oleh variasi aspek melalui persamaan Y= 88.553 +
0,168.Terdapat pengaruh signifikan thitung 2.007 ≥ ttabel 1.98472 dengan α = 0,025
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh aspek
pemahaman nasabah (X2) terhadap keputusan nasabah (Y). Hal ini berarti bahwa
pemahaman nasabah (X2) terhadap keputusan nasabah (Y) yang dijelaskan oleh
variasi aspek melalui persamaan Y= 88.553+0.188. Pengaruh X1 dan X2 secara
simultan terhadap Y adalah sebesar 0,004 < 0,05 hal ini berarti bahwa terjadi
pengaruh secara simultan antara variabel X1 dan X2 terhadap Y. Jika dilihat dari
nilai Fhitung sebesar 4.703> Ftabel 2,698 sehingga terdapat dampak antara variabel
X1 dan X2 terhadap Y. Besarnya pengaruh faktor psikologi (X1) dan pemahaman
nasabah (X2) terhadap keputusan nasabah (Y) sebesar 41,4% persamaan
regresinya yaitu: Y= 88.553+ 1.062X1 + 1.102X2.
Kata Kunci : Faktor Psikologi, Pemahaman Nasabah, Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:21
Last Modified: 04 Dec 2023 01:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item