PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK MUAMALAT KOTA PALOPO

SYAMSIDAR, SYAMSIDAR (2023) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK MUAMALAT KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SYAMSIDAR.pdf] Text
SYAMSIDAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Syamsidar, 2023. ”Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan
Nasabah Menabung di bank Muamalat Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Yuyun Ruqiyyat Said.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap
Keputusan Nasabah Menabung di Bank Muamalat Kota Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap
keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Kota Palopo. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif sehingga data yang
diperoleh nantinya berupa angka. Populasi dalam penelitian ini yakni nasabah
Bank Muamalat Kota Palopo. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden
yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling (sampel tanpa
sengaja). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pembagian
kuesioner/angket. Selanjutnya, teknik pengolahan dan analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kualitas instrument penelitian dengan
bantuan program SPSS 22. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bauran
pemasaran (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah
menabung (Y). Dilihat dari nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan
jika dilihat dari nilai thitung > ttabel (4,971 > 1,985). Jadi dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya secara parsial bauran pemasaran
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di
Bank Muamalat Kota Palopo. Sedangkan besarnya pengaruh bauran
pemasaran terhadap keputusan nasabah menabung dapat dilihat dari nilai
koefisien determinasi (R Square) bauran pemasaran sebesar 0,201. Nilai
tersebut menandakan bahwa bauran pemasaran berpengaruh terhadap
keputusan nasabah menabung sebesar 20,1%. Sedangkan sisanya yaitu 79,9%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Nasabah Menabung, Bank.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 05 Dec 2023 00:08
Last Modified: 05 Dec 2023 00:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8069

Actions (login required)

View Item View Item