PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP PENGAMBILAN DANA PENSIUNAN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus pada Nasabah BSI KCP Ratulangi)

ADELIA, ADELIA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP PENGAMBILAN DANA PENSIUNAN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus pada Nasabah BSI KCP Ratulangi). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ADELIA.pdf] Text
ADELIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Adelia, 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap
Pengambilan Dana Pensiunan pada Bank Syariah Indonesia (Studi
Kasus pada Nasabah Bsi KCP Ratulangi)”. Skripsi Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur Ariani Aqidah.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan
Nasabah Terhadap Pengambilan Dana Pensiunan pada Bank Syariah Indonesia
KCP Ratulangi. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
kepuasan nasabah terhadap pengambilan dana pensiunan pada BSI KCP
Ratulangi. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan penyajian
hasil penelitian dalam bentuk angka-angka atau statistik guna menguji hipotesis.
Peneliti menggunakan pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Populasi dari
penelitian ini adalah nasabah pensiunan. Sampel dalam penelitian ini adalah 89
responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah data primer
yang diperoleh dari pengisian kuesioner yang dilakukan oleh responden. Dari
hasil penelitian ini ditemukan bahwa hasil analisis menunjukan bahwa hasil
analisis data diketahui variabel kualitas pelayanan berpengaruh dan signifikan
terhadap dana pensiun di BSI KCP Ratulangi dengan tingkat signifikan sebesar
0,010 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. variabel kepuasan nasabah
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dana Pensiun di BSI KCP Ratulangi
dengan nilai signifikan sebesar 0,012 < α = 0,05 maka H0 diolak dan H1 diterima.
Secara simultan menunjukkan bahwa besarnya nilai koefisien determinasi
ditunjukkan oleh nilai R Square yaitu sebesar 84,1%
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Dana Pensiun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:07
Last Modified: 06 Dec 2023 01:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item