PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN MULTIGUNA BANK SYARIAH INDONESIA

ANGGRAINI, DEWI AYU (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PRODUK PEMBIAYAAN MULTIGUNA BANK SYARIAH INDONESIA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DEWI AYU ANGGRAINI.pdf] Text
DEWI AYU ANGGRAINI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTARAK
Dewi Ayu Anggraini, 2023. “Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan
Multiguna Bank Syariah Indonesia”. Skripsi Program
Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. Adzan Noor Bakri, S.E.Sy.,MA.Ek.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi masyarakat terhadap
produk pembiayaan multiguna di Bank Syariah Indonesia dalam tiga aspek, yaitu
kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan/sikap), dan konatif (tindakan). Penelitian
ini menggunakan pendekatan fenomenologi deskriptif, dimana peneliti ingin
mendeskripsikan bagaimana informan memberikan arti pada pengalaman mereka
terkait penggunaan pembiayaan multiguna, dengan fokus pada pemahaman inti
yang terbentuk dari pengalaman partisipan mengenai pembiayaan multiguna
tersebut. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Palopo, dan
menggunakan metode wawancara digunakan sebagai alat pengumpulan data.
Analisis data dilakukan menggunakan software NVivo, yang digunakan untuk
memproses dan menganalisa data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa aspek kognitif (pengetahuan) masyarakat memahami tentang pembiayaan
multiguna, angsuran, margin dan pelaksanaannya. Dari aspek afektif
(sikap/perasaan) masyarakat merasa senang dengan adanya pembiayaan ini dan
secara niat percaya bahwa pembiayaan multiguna ini sesuai dengan prinsip
syariah, meskipun dalam praktiknya belum sepenuhnya sesuai. Dari aspek konatif
(tindakan) masyarakat akan merekomendasikan pembiayaan multiguna dan ada
juga masyarakat yang tidak ingin merekomendasikan pembiayaan multiguna ini.
Kebingungan masyarakat mengenai margin, angsuran dan pelaksanaannya yang
mahal akan berdampak pada citra dan persepsi yang kurang baik terhadap
keberadaan Bank syaraiah Indonesia. Informasi yang diperoleh dari penelitian ini
dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat. Hasil penelitian ini
dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang produk
pembiayaan multiguna di Bank Syariah. Melalui penelitian ini, Bank Syariah
dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang persepsi nasabah
terhadap produk pembiayaan multigina. Dengan pemahaman yang lebih baik,
Bank Syariah Indonesia dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih
efektif dan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan nasabah.
Kata Kunci : Persepsi, Kognitif, Afektif, Konatif, Pembiayaan Multiguna

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:14
Last Modified: 07 Dec 2023 01:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8098

Actions (login required)

View Item View Item