PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO PADA APLIKASI TIKTOK

PUTRI, INTAN SARI (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO PADA APLIKASI TIKTOK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of INTAN SARI PUTRI.pdf] Text
INTAN SARI PUTRI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Intan Sari Putri, 2023. “Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Content
Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Febi IAIN Palopo
pada Aplikasi Tiktok”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Burhan Rifuddin, SE.,
M.M.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of
Mouth terhadap keputusan pembelian mahasiswa secara parsial, untuk mengetahui
pengaruh Content marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa secara
parsial, dan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dan Content
marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa secara simultan, sebagaimana
mahasiswa dalam melakukan pembelian karena adanya content marketing dan
Electronic Word of Mouth, kemampuan Tiktok dalam mempromosikan produk
melalui konten yang membuat mahasiswa tertarik melakukan pembelian dan
kemudian informasi dari mulut kemulut yang membuat mahasiswa
mempertimbangkan komentar untuk mempelajari informasi dari pembeli
sebelumnya, jika komentarnya bagus mahasiswa akan melakukan pembelian.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh Electronic
Word of Mouth dan Content Marketing terhadap keputusan pembelian mahasiswa.
Populasinya adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Palopo Angkatan 2019 dan 2020 dengan jumlah 1.393 mahasiswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling dan penentuan jumlah sampel
dengan rumus slovin. Sampel yang digunakan sebanyak 93 mahasiswa. Data
diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Selanjutnya, data
penelitian ini diolah dengan analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien
determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of
Mouth (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y)
mahasiswa pada aplikasi Tiktok, variabel Content Marketing (X2) berpengaruh
positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Mahasiswa. Electronic Word
of Mouth (X1) dan Content Marketing (X2) berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap Keputusan Pembelian (Y) Mahasiswa. Adapun kemampuan Electronic
Word of Mouth (X1) dan Content Marketing (X2) dalam menjelaskan perubahan
pada Keputusan Pembelian (Y) Mahasiswa yaitu sebesar 53,6%. Adapun 46,4%
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Content Marketing, Electronic Word of Mouth, Mahasiswa,
Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Dec 2023 00:37
Last Modified: 08 Dec 2023 00:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item