PENGARUH LABEL DAN PENGETAHUAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN KOSMETIK PADA MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

ANGRAENI, SUSAN (2023) PENGARUH LABEL DAN PENGETAHUAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN KOSMETIK PADA MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS SYARIAH. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUSAN ANGRAENI.pdf] Text
SUSAN ANGRAENI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Susan, 2023."Pengaruh Label dan Pengetahuan Halal terhadap Keputusan
Penggunaan Kosmetik pada Mahasiswa Manajemen Bisnis
Syariah". Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh ibu Muzayyanah Jabani ST., M.M.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Label dan Pengetahuan Halal terhadap
Keputusan Penggunaan Kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh label halal terhadap keputusan penggunaan kosmetik, untuk menguji
pengaruh pengetahuan halal terhadap keputusan penggunaan kosmetik, untuk
menguji pengaruh label halal dan pengetahuan halal terhadap keputusan
penggunaan kosmetik secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.
Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah
angkatan 2019-2022 sebanyak 627 orang. Pengambilan jumlah sampel dilakukan
dengan rumus Slovin dan didapatkan sampel sebanyak 86 orang. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dimana
populasi diambil secara acak sehingga semua populasi mempunyai peluang dan
kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) variabel label halal (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan penggunaan kosmetik (Y) dimana thitung 2,061 > ttabel 1,663 dan nilai
signifikansi 0,04 < 0,05. 2) variabel pengetahuan halal (X2) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan penggunaan kosmetik (Y) dimana nilai thitung
5,257 > ttabel 1,663 dan nilai signifikan yaitu 0,00 < 0,05. 3) variabel label halal
(X1) dan pengetahuan halal (X2) berpengaruh secara simutan dan sifnifikan
terhadap keputusan penggunaan kosmetik (Y) dimana nilai fhitung 152,488 > ftabel
3,11 dan nilai signifikansinya 0,00 < 0,05. 4) variabel label halal dan pengetahuan
halal berkontribusi secara bersama-sama terhadap keputusan penggunaan
kosmetik pada mahasiswa manajemen bisnis syariah sebesar 78,6%.
Kata Kunci: Keputusan Penggunaan, Label Halal, Pengetahuan Halal

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:01
Last Modified: 08 Dec 2023 01:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8114

Actions (login required)

View Item View Item