PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, FASILITAS DAN PROMOSI PRODUK AKAD WADI’AH TERHADAP MINAT MAHASISWA 2020-2021 MENABUNG DI BSI KOTA PALOPO

MASPIANI M, MASPIANI M (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, FASILITAS DAN PROMOSI PRODUK AKAD WADI’AH TERHADAP MINAT MAHASISWA 2020-2021 MENABUNG DI BSI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MASPIANI M.pdf] Text
MASPIANI M.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Maspiani M, 2018, “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Fasilitas Dan Promosi
Produk Akad Wadi‟ah Terhadap Minat Mahasiswa 2020-2021 Menabung
Di Bsi Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Adzan Noor Bakri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pengetahuan, religiusitas,
fasilitas dan promosi yang mempengaruhi minat mahasiswa menabung di Bank
Syariah Indonesia menggunakan produk wadiah. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh mahasiswa progra studi
perbankan syariah di IAIN Palopo. Menurut data yang diperoleh, jumlah
mahasiswa perbankan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berjumlah 307 jiwa
dengan pengambilan sampel sebanyak 174 responden menggunakan rumus slovin.
Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji asumsi klasik,
uji hipotesis, uji regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi. Alat
analisis yang diguanakan adalah bantuan SPSS versi 20. Dari hasil pengolahan
data tersebut menunjukkan bahwa secara parsial keempat faktor dalam penelitian
berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung menggunakan produk wadiah.
Dimana faktor pengetahuan dengan tingkat signifikan 0,004 dan nilai Thitung >
Ttabel (2,913 > 1,676), sedangkan faktor religiusitas memperoleh tingkat
signifikan sebesar 0,000 dan nilai Thitung > Ttabel (4,043 > 1,676), kemudian
faktor fasilitas produk memperoleh tingkat signifikan sebesar 0,000 dan nilai
Thitung > Ttabel (3,667 > 1,676), sedangkan faktor promosi dengan tingkat
signifikan yaitu 0,000 serta nilai Thitung > Ttabel (7,002 > 1,676). Secara
semultan juga menunjukkan hasil bahwa keempat variabel faktor tersebut
berpengaruh terhadap minat mahasiswa perbankan menabung menggunakan
produk wadiah di bank syariah dengan tingkat signifikan 0,000.
Kata Kunci: Pengetahuan, Religiusitas, Fasilitas, Promosi, Minat Menabung.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:03
Last Modified: 08 Dec 2023 03:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8119

Actions (login required)

View Item View Item