STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELI KONSUMEN DI DESA RAWAMANGUN

INTAN, INTAN (2023) STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELI KONSUMEN DI DESA RAWAMANGUN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of INTAN.pdf] Text
INTAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABTRAK
Intan, 2023. “strategi pemasaran jamur tiram dalam menumbuhkan
minat beli konsumen di desa Rawamangun”. Skripsi program studi
manajemen bisnis syariah Fakultas Ekonomi dan bisnis islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Mahadin Shaleh,
M.Si
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran jamur tiram dalam
menumbuhkan minat beli konsumen di desa rawamangun. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaiamana strategi pemsaran jamur tiram dalam
menumbuhkan minat beli konsumen di desa rawamangun.
Untuk menjawab persoalan tersebut maka penulis menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif ialah suatu analisa data yang bersifat penjelasan dan
informasi data yang akan dikaitkan dengan teori- teori dan konsep yang akan di
bahas dalam penelitian kualitatif dan memberikan kesimpulan dari penelitian ini.
Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sumber data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder,
analisis data yang etrdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang jamur tiram di desa
rawamangun menggunakan strategi pemasaran dengan konsep bauran pemasaran
4p yaitu product, price, place and promotion. Produk yang ditawarkan merupakan
produk yang memiliki kwalitas yang baik serta menggunakan bahan-bahan
produksi yang berkualitas. Harga yang ditawarkan disesuaikan dengan harga pasar
yang sudah ada, kualitas yang lebih premium dan jumlah dari pesanan konsumen.
Lokasi yang mudah untuk ditemukan dan produsen jamur tiram menyalurkan
produknya kepada pedangang sayur dan pedngang online. Promosi yang
dilakukan menggunakan dua cara yaitu personal selling dan digital marketing.
Dengan penerapan strategi pemasaran yang menggunakan konsep bauran
pemasaran maka diharapkan dapat menumbuhkan minat beli konsumen.
Kata Kunci: 4p, minat beli, strategi pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 Dec 2023 00:32
Last Modified: 19 Dec 2023 00:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item View Item