PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK YANG MEMILIKI JAMINAN HALAL PADA PRODUK SKINCARE MERK Y.O.U (Studi Desa Tumbubara Kec.Bajo Barat Kab. Luwu)

AWALIA, PUTRI (2023) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK YANG MEMILIKI JAMINAN HALAL PADA PRODUK SKINCARE MERK Y.O.U (Studi Desa Tumbubara Kec.Bajo Barat Kab. Luwu). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of PUTRI AWALIA.pdf] Text
PUTRI AWALIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
PUTRI AWALIA, 2023. “Persepsi Konsumen Terhadap Produk Yang
Memiliki Jaminan Halal Pada Produk Skincare
Merk Y.O.U (Studi Desa Tumbura Kec.Bajo Barat
Kab. Luwu)”. Skripsi Program Studi Hukum
Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Rahmawati
dan Muhammad Fachrurrazy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami persepsi
konsumen pengguna skincare merk Y.O.U terhadap jaminan produk halal dan
untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jaminan produk
halal pada sebuah produk skincare merk Y.O.U.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
hukum empiris dan penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, yang
hasil penelitiannya diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi
dan Menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen pengguna skincare
merek Y.O.U memiliki persepsi positif terhadap jaminan produk halal.
Mereka menganggap kehalalan sebagai faktor penting dalam pemilihan
skincare dan melakukan verifikasi terhadap klaim kehalalan produk. Mereka
juga memperhatikan kualitas produk, mencari bahan alami dan menghindari
bahan kimia berbahaya. Konsumen juga mengambil referensi dari pengguna
lain dan rekomendasi orang terdekat dalam memilih produk. Label halal pada
produk skincare sangat penting bagi semua konsumen khususnya konsumen
Muslim. karena memberikan keyakinan dan kepastian bahwa produk tersebut
memenuhi standar kehalalan sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam. Di
Indonesia, jaminan produk halal diatur oleh Undang-Undang No. 33 tahun
2014 tentang Jaminan Produk Halal dan Peraturan Pemerintah No. 39 tahun
2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Undang�undang dan peraturan ini mengatur prosedur sertifikasi, pelabelan,
pengawasan, dan penegakan hukum terkait produk halal. Fatwa DSN MUI
No. 26 tahun 2013 juga memberikan panduan dan standar kehalalan bagi
produk kosmetik, termasuk skincare. Fatwa ini menjadi acuan bagi produsen
kosmetik untuk memastikan produk mereka sesuai dengan persyaratan
kehalalan yang ditetapkan oleh MUI. Islam menganjurkan umat Muslim
untuk mengkonsumsi barang-barang yang halal dan memberikan manfaat
bagi konsumen. Motif utama dalam perilaku konsumen Muslim adalah
mencari keridhaan Allah Swt, dengan mengikuti prinsip-prinsip syariah
dalam konsumsi mereka.
Kata Kunci: Persepsi, Skincare, Produk Halal, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Dec 2023 00:06
Last Modified: 20 Dec 2023 00:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item