PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTs. BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU

SULO, SITTI RASYIDA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTs. BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SITTI RASYIDA SULO.pdf] Text
SITTI RASYIDA SULO.pdf

Download (668kB)

Abstract

ABSTRAK
Sitti Rasyida Sulo, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MTs.Batusitanduk Kabupaten luwu.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
IAIN Palopo. Dibimbing oleh Alia Lestari dan Muh. Hajarul Aswad.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match
Mine Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MTs.Batusitanduk Kabupaten luwu. Penelitian
ini bertujuan: Untuk mengetahui Penerepan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine di
kelas VII MTs Batusitanduk; untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Match Mine di Kelas VII MTs Batusitanduk. Jenis penelitian ini adalah true experiment.Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs.Batusitanduk dan sampel yaitu kelas VII.A yang
diambil sebagai kelas eksperimen dari empat kelas yang ada dan berjumlah 26 siswa. Instrumen
pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitial penerapan model kooperatif tipe Match Mine di MTs Batusitanduk
terlihat bahwa hasil belajar siswa dalam matematika siswa yang diterapkan dengan model
kooperatif tipe Match Mine pada pokok bahasan Bentuk Aljabar setelah pemberian test diperoleh
rata-rata sebesar 79,81, standar deviasi 8,886, skor tertinggi 90 dan skor terendah 50.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t. diperoleh kesimpulan bahwa
H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan hasil tersebut, maka rata-rata hasil belajari matematika siswa
sebelum diberi perlakuan atau pre-test memiliki perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil
belajar matematika setelah perlakuan model kooperatif tipe Match Mine pada pokok bahasan
Bentuk Aljabar, memiliki pengaruh terhadap rata-rata hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Tipe Match Mine, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Dec 2023 00:27
Last Modified: 21 Dec 2023 00:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8175

Actions (login required)

View Item View Item