PENGARUH DISTRIBUSI AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM PDAM DESA PANGI KECAMATAN BAJO

YULIANTI, EFIKA (2023) PENGARUH DISTRIBUSI AIR BERSIH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM PDAM DESA PANGI KECAMATAN BAJO. Other thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Efika Yulianti (1904030128).pdf] Text
Efika Yulianti (1904030128).pdf

Download (2MB)

Abstract

EFIKA YULIANTI, 2023. “Pengaruh Distribusi Air Bersih terhadap Kepuasan
Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Desa Pangi
Kecamatan Bajo.”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Rismayanti, S.E., M.Si.
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Distribusi Air Bersih terhadap
Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Desa Pangi
Kecamatan Bajo. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis
Pengaruh Distribusi Air Bersih terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah
Air Minum PDAM Desa Pangi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif,
dengan metode pengumpulan data yang menggunakan angket atau kuesioner.
Penentuan sampel penelitian menggunakan metode total sampling yaitu teknik
pengambilan sampel dimana seluruh populasi menjadi objek penelitian dan
dijadikan sebagai sampel. Teknik Analisis yang digunakan pada penelitian ini
yaitu teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa secara parsial sub variabel Distribusi Air Bersih yaitu tempat, waktu,
bentuk dan informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan PDAM di Desa Pangi Kecamatan Bajo. Berdasarkan hasil uji regresi
berganda variabel bebas yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan
pelanggan adalah variabel waktu kemudian diikuti variabel tempat, informasi dan
bentuk. Secara simultan sub variabel Distribusi Air Bersih yaitu tempat, waktu,
bentuk dan informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Perusaan daerah air minum di Desa Pangi Kecamatan Bajo, dengan
pengaruh sebesar 20,4% terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: Distribusi Air Bersih, Kepuasan Pelanggan, PDAM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Repository IAIN Palopo
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:54
Last Modified: 29 Jan 2024 07:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item