STRATEGI PEMASARAN USAHA KUE SEMPRONG DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

PEBRIANI, NISA (2023) STRATEGI PEMASARAN USAHA KUE SEMPRONG DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nisa Pebriani.pdf] Text
Skripsi Nisa Pebriani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nisa Pebriani, 2023. “Strategi Pemasaran Usaha Kue Semprong di Desa Sukamaju
Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Burhan
Rifuddin S.E., M.M.
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran usaha kue semprong di
Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Latar belakang dari
penelitian ini yaitu usaha kecil kue semprong yang berdiri pada tahun 2007 hingga
sekarang yang mampu mempertahankan usahanya dan bersaing dengan usaha lain
yang sejenis sehingga mampu meningkatkan pendapatannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran
usaha kue semprong di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu utara.
Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini
diperoleh dari sumber data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpul di analisis dengan
menggunakan jenis penelitian ini berdasarkan pokok masalah yang akan di kaji
dengan tahapan reduksi data, pemyajian data dan penarikan kesimpulam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran usaha kue semprong
di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara yaitu menerapkan
strategi bauran pemasaran (Marketing mix) melalui strategi produk yang
menggunakan bahan-bahan berkualitas baik dengan harga yang terjangkau
dikalangan masyarakat, strategi distribusi dengan mengantarkan langsung ke
konsumen dan memanfaatkan jasa angkutan umum untuk diluar Kecamatan
Sukamaju serta strategi promosi dengan pendekatan langsung ke masyarakat melalui
komunikasi dari mulut ke mulut. Kemudian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi pemasaran yang digunakan telah mampu meningkatkan pendapatan dengan
menggunakan strategi pemasaran melalui bauran pemasaran (marketing mix) yang
telah diterapkan.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Usaha Kecil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Repository IAIN Palopo
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:09
Last Modified: 30 Jan 2024 05:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8234

Actions (login required)

View Item View Item