STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA BAWANG GORENG DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

Ramadhani, Novi (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA BAWANG GORENG DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI NOVI.pdf] Text
SKRIPSI NOVI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Novi Ramadhani, 2023. “Strategi Pengembangan Usaha Rumah Tangga
Bawang Goreng di Desa Sukamaju Kecamatan
Sukamaju Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Ibu Muzayyanah Jabani, S.T.,M.M.
Penelitian ini membahas tentang strategi pengembangan usaha rumah tangga
bawang goreng di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu usaha rumah tangga bawang goreng yang
masih baru namun perkembangan usahanya cukup berkembang. Meskipun
tergolong baru namun dapat menarik minat konsumen karena selain harga yang
ekonomis juga kualitas dari produk yang dihasilkan sehingga konsumen tertarik
untuk membeli dan mengkonsumsi produk dari usaha rumah tangga tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan
yang layak dilakukan oleh usaha rumah tangga bawang goreng di Desa Sukamaju
Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah
pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari sumber data
primer dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun tahap selanjutnya data penelitian dianalisis menggunakan
analisis SWOT dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan yang dapat dilakukan
dalam usaha rumah tangga bawang goreng ialah mempertahankan kualitas
produk, mempertahankan cita rasa agar dapat memberikan kepuasan terhadap
konsumen karena tingkat permintaan produk yang tinggi, menciptakan atau
membuat merk dagang agar lebih dikenal banyak konsumen, menggunakan
teknologi yang lebih modern agar pembuatan produk lebih cepat, meningkatkan
kegiatan promosi, mempertahankan cirri khas cita rasa dan kualitas produk agar
tetap bisa bersaing dengan produk yang lain, dan menciptakan inovasi dalam hal
pengemasan dan merk produk agar memiliki daya tarik yang tinggi.
Kata kunci : Strategi, Pengembangan Usaha, Strategi Pengembangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Repository IAIN Palopo
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:09
Last Modified: 30 Jan 2024 05:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item