KOMUNIKASI GURU KELAS DENGAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI ANAK HIPERAKTIF (Studi kasus Tk Al-Hidayah Kecamatan Malangke Barat)

ANNISA, ANNISA KOMUNIKASI GURU KELAS DENGAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI ANAK HIPERAKTIF (Studi kasus Tk Al-Hidayah Kecamatan Malangke Barat). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA (PIAUD 2019) Repo.PDF] Text
SKRIPSI ANNISA (PIAUD 2019) Repo.PDF

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
ANNISA 2023; ‘‘Komunikasi Guru Kelas Dengan Orang Tua Dalam
Menstimulasi Anak Hiperaktif (Studi kasus Tk Al-Hidayah Kecamatan
Malangke Barat)’ Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo,
Dibimbing Oleh Fatmaridah Sabani dan Subhan.
Skripsi ini membahas mengenai komunikasi guru dengan orang tua dalam
menstimulasi anak hiperaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan
anak hiperaktif serta peran komunikasi orang tua dengan guru kelas dalam
menstimulasi anak hiperaktif di TK AL-hidayah. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk
memperoleh data penulis melakukan pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah orang tua dalam hal
ini ibu anak yang hiperaktif dan guru TK AL-Hidayah. Hasil penelitian ini adalah:
pertama keadaan anak Hiperaktif di TK AL-Hidayah pada aspek sikap tidak mau
diam, anak pada saat bermain sikap mereka tidak mau diam selalu melakukan
aktifitas yang sangat aktif. Pada aspek bertindak semaunya sendiri hanya sedikit
peserta didik yang melakukan dikarenakan guru mampu melakukan arahan
dengan baik. Pada aspek menganggu temanya dengan sengaja hal ini dominan
dilakukan anak diakibtakan rata-rata banyak anak yang hiperaktif menganggu
temannya pada saat belajar. Pada aspek Sulit mengikuti perintah guru hal ini
hanya beberapa peserta didik yang sulit di perintah. Pada aspek tidak fokus dalam
mengikuti pembelajaran beberapa anak peserta didik yang hiperaktif masih fokus
mengikuti pembelajaran karena mereka ceria jika guru melakukan pembelajaran
sambil bermain. Pada aspek menunjukkan aktivitas yang berlebihan seluruh anak
yang hiperaktif memiliki prilaku yang sangat aktif dalam melakukan hal yang
berlebihan. Pada aspek tidak menyelesaikan tugas dimana anak hiperaktif tidak
menyelesaikan tugas karena mereka tidak mau di arahkan oleh guru bahkan
mereka sulit di kendalikan oleh guru bahkan orang tua anak tersebut juga sulit
untuk mengatasi anaknya. Kedua komunikasi guru kelas dengan orang tua dalam
menstimulasi anak hiperaktif terdiri dari keterbukaan kemampuan untuk
membuka dan mengungkapkan pikiran dan perasaan kepada orang tua, empati
dalam melakukan komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua dan guru.
Menjaga dan melestarikan hubungan antar keluarga.
Kata Kunci : Komunikasi orang tua dan guru kelas, anak hiperaktif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:50
Last Modified: 06 Feb 2024 00:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8258

Actions (login required)

View Item View Item