DAMPAK SRATEGI DIGITAL MARKTING BAGI PENDAPATAN UMKM DI KOTA PALOPO

NURSYAM, NURHAIJAH (2023) DAMPAK SRATEGI DIGITAL MARKTING BAGI PENDAPATAN UMKM DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURHAIJAH NURSYAM.pdf] Text
NURHAIJAH NURSYAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhaijah Nursyam, 2023. “Analisis Strategi Digital Marketing Dan Dampaknya
Bagi Pendapatan UMKM Di Kota Palopo (Studi Kasus di Kota Palopo
Kabupaten Luwu). Skripsi Program Studi Mangement Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Bapak Edi Indra Setawan S.E.,M.M
Skripsi ini membahas tentang strategi pengembangan UMKM di era digital.
Penelitian ini bertujuan untuk Sistem pemasaran berbasis digital dan dampak
pemasaran berbasis digital bagi pendapatan UMKM di Kota Palopo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif.
Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Di mana subjek penelitian adalah Pemilik UMKM di Kota Palopo
sebagai informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi digital markting UMKM di Kota
Palopo dimana Direct Marketing sudah digunakan yang berupa pemanfaatan media
internet untuk mempromosikan produk dan jualan. Social Media Marketing sudah
di manfaatkan oleh pelaku UMKM melakukan penjualan dalam proses
menawarakan barang pada pembeli melalui media sosial. UMKM belum sama
sekali menerapkan Viral Marketing karena mereka menganggap hal ini tidak
penting. UMKM Sebagian besar belum memilih dan menggunakan Site Design
sebagai media platform digital. Pada aspek Accessibility (aksessibilitas) terlihat
bahwa pelaku UMKM masih menggunakan facebook, WhastApp, dan Instagram
sebagai media sosial dalam melakukan penjualan produk. Interactivit UMKM
menggunakan facebook, WhastApp, dan Instagram untuk melakukan pemasaran
produk karena aplikasi yang mudah digunakan. Pelaku UMKM belum sama sekali
menerapakan sistem marketing dengan Entertainment. Dampaknya pemasaran
digital markting bagi pendapatan UMKM di Kota Palopo dimana Peningkatan
penjualan setelah menggunakan digital marketing. Biaya Promosi yang murah.
Memudahkan interaksi dan meningkatkan kepercayaan konsumen
Kata Kunci: Digital marekting, Pendapatan, UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.401 Manajemen Perencanaan dan Manajemen Strategi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: wahidin
Date Deposited: 10 Feb 2024 05:33
Last Modified: 10 Feb 2024 05:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item