IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 41 BATU PUTIH PALOPO

HAPIPA, NUR (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 41 BATU PUTIH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of NUR HAPIPA (PGMI 2018) (REPOSITORY).pdf] Text
NUR HAPIPA (PGMI 2018) (REPOSITORY).pdf

Download (6MB)

Abstract

xxiii
ABSTRAK
Nur Hapipa, 2023, “Implementasi Penggunaan LKPD Berbasis Model Problem
Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Peserta Didik Kelas V SDN 41 Batu Putih Palopo” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo,
Pembimbing (I) Nasaruddin, dan Pembimbing (II) Nilam
Permatasari Munir.
Skripsi ini mendeskripsikan tentang masalah yang terjadi dilokasi
penelitian yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta
didik kelas V SDN 41 Batu Putih. Tujuan penelitian ini adalah, (I) Untuk
mengetahui analisis kebutuhan peserta didik menggunakan LKS matematika berbasis
model problem based learning di kelas V SDN 41 Batu Putih, (II) Untuk mengetahui
aktivitas belajar matematika peserta didik menggunakan LKPD berbasis model
problem based learning di kelas V SDN 41 Batu Putih, (III) Untuk mengetahui
bagaimanakah hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunakan LKPD
berbasis model problem based learning.
Metode penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Lokasi penelitian yaitu di SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Pengumpulan
data melalui catatan lapangan, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) melalui implementasi penerapan LKPD
berbasis model problem based learning diperoleh hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran matematika kelas V pada siklus I dan siklus II mengalami
peningkatan sebesar 75 %. 2) Aktivitas belajar peserta didik yang telah
dilaksanakan selama dua siklus berdasarkan hasil penelitian dari siklus I dan
siklus II mengalami peningkatan sebesar 13 % dan telah mencapai target
keberhasilan penelitian sebesar 70 % untuk keaktifan belajar peserta didik. 3)
Melalui implementasi penerapan LKPD berbasis model problem based learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kelas V di
SDN 41 Batu Putih dengan tercapainya target ketuntasan penelitian dan peserta
didik dapat mencapai nilai KKM berdasarkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Model problem based learning, hasil belajar matematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:27
Last Modified: 19 Mar 2024 05:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8389

Actions (login required)

View Item View Item