IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN LAUWA KECAMATAN PITUMPANUA KANUPATEN WAJO

ALIMUDDIN, AISYAH (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN LAUWA KECAMATAN PITUMPANUA KANUPATEN WAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Aisyah Alimuddin (REPOSITORY).pdf] Text
Aisyah Alimuddin (REPOSITORY).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Aisyah Alimuddin
Nim : 16.19.2.01.0028
Judul : Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MIN Lauwa Kecamatan Pitumpanua KabupatenWajo
Pembimbing : 1. Dr. H. Bulu’, M. Ag.
2. Dr. Kartini, M. Pd.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pelajaran Aqidah Akhlak, MIN Lauwa
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 di MIN Lauwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo, mengetahui upaya guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN Lauwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo, serta untuk menemukan tantangan dan solusi penerapan kurikulum 2013 dalam mengajarkan mata pelajaran akidah akhlak di MIN Lauwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, serta pendekatan sosiologis. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, triangulasi, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Penerapan kurikulum 2013 di MIN Lauwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo dapat dilihat dari beberapa indikator di antaranya: indikator religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, dan tanggung jawab. 2) Upaya guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu: mengikuti workshop secara rutin, menyiapkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013, penerapan metode pembelajaran yang variatif, integrasi nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran, pengembangan materi pembelajaran. 3) Tantangan: Sumber belajar yang kurang lengkap, kesulitan guru dalam menerapkan penilaian yang autentik, latar belakang siswa yang berbeda, serta waktu yang tersedia dalam pembelajaran di madrasah sangat terbatas. Adapun yang menjadi solusi yaitu, mengembangkan sumber belajar yang variatif, mengadaan kerja sama dengan guru dan orang tua siswa, serta aktif dalam mengikuti pelatihan kurikulum 2013
Implikasi penelitian: Hendaknya kepala madrasah memperhatikan keadaan lembaganya dan menambah sarana dan prasarana yang lebih baik, khususnya dalam rangka implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak, Pendidik hendaknya kreatif dan inovatif serta menguasai berbagai metode dalam

dalam pembelajaran serta mampu memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

ABSTRACT

Name : Aisyah Alimuddin Reg.Number : 16.19.2.01.0028
Tittle : The Implementation of Curriculum 2013 on Akidah Akhlak Subjects at MIN Lauwa Pitumpanua District Wajo Regency
Advisor : 1. Dr. H. Bulu’, M. Ag.
2. Dr. Kartini, M. Pd.
Keywords : Curriculum 2013, Akidah Akhlak Subjects
This thesis aims to determine the implementation of the curriculum 2013 at MIN Lauwa Pitumpanua District Wajo Regency, was aware of the teacher's efforts in implementing the 2013 curriculum on morality subjects in MIN Lauwa Pitumpanua District Wajo Regency, as well as to find challenges and solutions for implementing the 2013 curriculum in teaching morality subjects in MIN Lauwa Pitumpanua District Wajo Regency.
This research is a qualitative research that uses pedagogical, psychological, and sociological approaches. Data collection instruments used are interview guidelines, observation and documentation sheets. Analysis of research data is by using data reduction, data presentation, triangulation, and conclusion drawing.
The results of the study conclude: 1) Implementation of the curriculum 2013 at MIN Lauwa Pitumpanua District Wajo Regency can be seen from several indicators including: religious indicators, honesty, discipline, hard work, creative, independent, respectful of achievements, friendly, peaceful, and responsible. 2) The efforts of teachers in implementing the curriculum 2013 on morality subjects are: attending workshops regularly, preparing learning tools for the 2013 curriculum, applying varied learning methods, integrating character values in each subject, developing learning materials. 3) Challenges: Less complete learning resources, teacher difficulties in applying authentic assessments, different student backgrounds, and limited time available in learning in madrasas. The solution is to develop a variety of learning resources, provide cooperation with teachers and parents, and actively participate in curriculum 2013 training.
Research Implications: The madrasa head should pay attention to the state of his institution and add better facilities and infrastructure, especially in the context of implementing the curriculum 2013 on morality subjects, Educators should be creative and innovative and master various methods in learning and be able to utilize time effectively and efficiently so that the learning process can run smoothly.

انًهخص

اﻹسى : عبئشخ عهًذيٍ
رلى انميذ : ۸٢ ١١١١٢٠١٠١
عُٕاٌ انجحث : رُفيذ يُٓبج ٣١١٢ عهى أكيذح أخهك انًٕظٕعبد في انًذرسخ االثزذائيخ
انحكٕييخ نٕٔا انًُطمخ فيزًفُٕارخُسى ٔاخؤ

انذكزٕر انحح ثٕنؤ, و. أغ.

.١ :

انًشزف

٢. انذكزٕرَذا كزريُى، و .فذ.

رٓذف ْذِ انزسبنخ إنى رحذيذ رُفيذ يُٓبج 3102 في انًذرسخ االثزذائيخ انحكٕييخ
نٕٔا انًُطمخ فيزًفُٕارخُسى ٔاخؤ عهى درايخ ثدٕٓد انًعهى في رُفيذ يُٓح ٣١١٢ حٕل
يٕاظيع األخالق في انًذرسخ االثزذائيخ انحكٕييخ نٕٔا انًُطمخ فيزًفُٕارخُسى ٔاخؤ ، ثبﻹظبفخ إنى إيدبد انزحذيبد ٔانحهٕل نزطجيك يُٓح عبو 3102 في رذريس يٕاد األخالق في انًذرسخ االثزذائيخ انحكٕييخ نٕٔا انًُطمخ فيزًفُٕارخُسى ٔاخؤ
ْذا انجحث ْٕ ثحث َٕعي يسزخذو يُبْح رزثٕيخ َٔفسيخ ٔاخزًبعيخ.
أدٔاد خًع انجيبَبد انًسزخذيخ ْي يجبدئ رٕخيٓيخ نهًمبثهخ ، ٔٔرلبد
نهًزالجخ ٔانزٕثيك. رحهيم ثيبَبد انجحث ْٕ ثبسزخذاو رخفيط انجيبَبد ،
ٔعزض انجيبَبد ، ٔانزثهيث ، ٔرسى انخبرًخ

في انًذرسخ االثزذائيخ

٣١١٢

١) رُفيذ يُٓبج

ٔخهصذ َزبئح انذراسخ إنى:

انحكٕييخ نٕٔا انًُطمخ فيزًفُٕارخُسى ٔاخؤ .يٍ عذح يؤشزاد يُٓب: انًؤشزاد انذيُيخ ،
ٔانصذق ، ٔاالَعجبغ ، ٔانعًم اندبد ، ٔاﻹثذاعي ، ٔانًسزمم ، ٔاحززاو اﻹَدبساد ،
ٔانٕديخ ، ٔانًسبنًخ ، ٔانًسئٕنيخ.)٢ إٌ خٕٓد انًعهًيٍ في رُفيذ يُٓح عبو 3102 في
انًٕظٕعبد األخالليخ ْي: حعٕر ٔرش انعًم ثبَزظبو ، ٔإعذاد أدٔاد انزعهى نًُبْح

، ٔرطجيك أسبنيت انزعهى انًزُٕعخ ، ٔديح انميى انشخصيخ في كم يبدح ،

٣١١٢

عبو

ٔرطٕيز انًٕاد انزعهيًيخ) ٣ انزحذيبد: يٕارد انزعهى األلم اكزًبالً ، ٔصعٕثبد انًعهى في رطجيك انزمييًبد انحميميخ ، ٔخهفيبد انطالة انًخزهفخ ، ٔانٕلذ انًحذٔد انًزبذ في انزعهى
في انًذارس انذيُيخ .انحم ْٕ رطٕيز يدًٕعخ يزُٕعخ يٍ انًٕارد انزعهيًيخ ، ٔرٕفيز
انزعبٌٔ يع انًعهًيٍ ٔأٔنيبء األيٕر ، ٔانًشبركخ ثُشبغ في رذريت انًُبْح انذراسيخ نعبو
٣١١٢
االَعكبسبد انجحثيخ: يدت عهى رئيس انًذرسخ أٌ يُزجّ إنى حبنخ يؤسسزّ

حٕل

٣١١٢

ٔيعيف رسٓيالد ٔثُيخ رحزيخ أفعم ، خبصخ في سيبق رطجيك يُٓح

يٕاظيع األخالق ، يدت أٌ يكٌٕ انًعهًٌٕ يجذعيٍ ٔيجذعيٍ ٔيزمٌُٕ أسبنيت يخزهفخ في انزعهى ٔيكَٕٕا لبدريٍ عهى االسزفبدح يٍ انٕلذ ثفعبنيخ ٔكفبءح ثحيث يًكٍ نعًهيخ انزعهى
ثسالسخ

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X3 Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:33
Last Modified: 19 Mar 2024 06:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item