STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK PAKAIAN DI DESA PAO KECAMATAN MALANGKE BARAT

SARI, NIRMALA (2024) STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK PAKAIAN DI DESA PAO KECAMATAN MALANGKE BARAT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of NIRMALA SARI (EKIS 2019) (REPOSITORY).pdf] Text
NIRMALA SARI (EKIS 2019) (REPOSITORY).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nirmala Sari, 2023. “Strategi Pemasaran Digital Pada Produk Pakaian di
Desa Poa Kecematan Malangke Barat”. Skripsi Program Studi
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Muh. Shadri
Kahar Muang, S.E., M.M.
Skripsi ini membahas tentang Staretgi Pemasaran Digital Pada Produk Pakaian di
Desa Poa Kecematan Malangke Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Bagaimana Startegi pemasaran digital pada produk pakaian yang di lakukan oleh
pemilik toko Pakaian di Desa Pao Kecematan Malangke Barat. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Pao
Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Teknik Pengumpulan data
dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dapat
digunakan yaitu startegi W-T Bahwa pada Matriks IFAS pada toko ibu hasnawati
Faktor kekuatan 0,86 dan kelemahanya 1,04, yang berarti kelemahanya lebih besar
dari kekuatan, sedangkan matriks EFAS ibu hasnawati faktor peluang 0,94 dan
ancaman 0,96, yang bererti ancaman lebih besar dari peluang. Untuk Matriks IFAS
Ibu Aisya Faktor kekuatan 0.88 dan kelemahan 1.02, yang berarti nilai kelemahnya
lebih tinggi dari kekuatan, sedangkan matriks EFAS ibu Asisya faktor Peluang 0.72
dan faktor Ancaman 0.98, dimana faktor ancaman lebih besar dari nilai peluang.
Sedagkan toko ibu Ita Rahma faktor kekuatan sebesar 0.9 dan faktor kelemahan
sebesar 1.02, yang dimana faktor kelemahan lebih tinggi di banding faktor
kekuatan, Matriks EFAS ibu Ita Rahma dimana faktor peluang sebesar 0.92 dan
Ancaman sebesar 1, yang dimana nilai ancaman lebih besar dibandingkan nilai
peluang.
Dari hasil diagram analisis SWOTyang terdiri dari sumbu x dan y maka di
peroleh posisi Strategi pemasaran digital pada produk pakaian di desa pao
kecematan malangke barat berada pada kuadran IV yaitu lemah dan terancam. Hal
ini berarti Strategi pemasaran digital produk pakaian di Desa Pao Kecematan
Malangke Barat meminimalkan kelemahan dan ancaman yang dimiliki untuk
memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk Mengembangkan usaha
kedepanya dengan menggunakan strategi Defensif. Jadi Strategi yang dapat
digunakan pada Strategi pemasaran produk pakaian ketiga toko pakaian
menggunakan stretegi W-T (Kelemahan & Ancaman), strategi ini berupaya untuk
menghindari kemungkinan adanya ancaman dari luar yang mana untuk mengurangi
kelemahan strategi pemasaran digital di Desa Pao Kecematan Malangke Barat.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Digital
xxiv
ABSTRACT
Nirmala Sari, 2024. "Digital Marketing Strategy for Clothing Products in Poa
Village, West Malangke District". Sharia Economics Study Program Thesis,
Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic Institute (IAIN)
Palopo. Supervised by Muh. Shadri Kahar Muang, S.E., M.M.
This thesis discusses Digital Marketing Strategy for Clothing Products in
Poa Village, West Malangke District. This research aims to find out how the digital
marketing strategy for clothing products is carried out by clothing shop owners in
Pao Village, West Malangke District. The type of research used is descriptive
qualitative. This research was conducted in Pao Village, West Malangke District,
North Luwu Regency. Data collection techniques are carried out through
observation, interviews and documentation. Data analysis in this research was
carried out using SWOT analysis.
The results of this research show that the marketing strategy that can be used
is the W-T strategy. That in the IFAS Matrix at Mrs. Hasnawati's shop the strength
factor is 0.86 and the weakness is 1.04, which means the weakness is greater than
the strength, while in Mrs. Hasnawati's EFAS matrix the opportunity factor is 0.94
and threat 0.96, which means the threat is greater than the opportunity. For Mrs.
Aisya's IFAS matrix, the strength factor is 0.88 and the weakness is 1.02, which
means the weakness value is higher than the strength, while for Mrs. Asisya's EFAS
matrix, the Opportunity factor is 0.72 and the Threat factor is 0.98, where the threat
factor is greater than the opportunity value. Meanwhile, Mrs. Ita Rahma's shop has
a strength factor of 0.9 and a weakness factor of 1.02, where the weakness factor is
higher than the strength factor, Mrs. Ita Rahma's EFAS Matrix has an opportunity
factor of 0.92 and a threat factor of 1, where the threat value is greater than the
opportunity value. .
From the results of the SWOT analysis diagram which consists of the x and
y axes, it is obtained that the position of the digital marketing strategy for clothing
products in Pao village, West Malang subdistrict is in quadrant IV, namely weak
and threatened. This means that the digital marketing strategy for clothing products
in Pao Village, West Malangke District, minimizes weaknesses and threats to take
advantage of existing strengths and opportunities to develop future businesses using
defensive strategies. So the strategy that can be used in the clothing product
marketing strategy for the three clothing stores uses the W-T strategy (Weaknesses
& Threats), this strategy seeks to avoid possible threats from outside which is to
reduce the weaknesses of the digital marketing strategy in Pao Village, West
Malangke District.
Keywords: Strategy, Marketing, Digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.839 Riset Penelitian Pemasaran di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:14
Last Modified: 20 Mar 2024 02:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item