PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN BERBASIS AYAT-AYAT SUCI AL-QUR’ANDI KELAS VI MI TUMBUBARAKECAMATAN BAJOBARAT KABUPATEN LUWU

PASURA, MUSTIKA (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN BERBASIS AYAT-AYAT SUCI AL-QUR’ANDI KELAS VI MI TUMBUBARAKECAMATAN BAJOBARAT KABUPATEN LUWU. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of SKRIPSI MUSTIKA PASURA (PGMI 2017).pdf] Text
SKRIPSI MUSTIKA PASURA (PGMI 2017).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mustika Pasura, 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Subtema
Rukun dalam Perbedaan Berbasis Ayat-ayat Suci Al-Qur‟an di Kelas VI MI
Tumbubara Kecamatan Bajo Barat”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K dan Mustafa.
Penggunaan modul sebagai bahan ajar di sekolah merupakan hal yang
tidak asing lagi bagi tenaga pendidik. Namun terkadang pula penggunaan modul
tidak bisa dilakukan karena tidak tersedianya modul. Ataupun jika ada kadang
tampilan dan isi modul tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kevalidan dan kepraktisan
modul pembelajaran tematik subtema rukun dalam perbedaan berbasis ayat-ayat
suci Al-Qur‟an di kelas VI MI Tumbubara Kecamatan Bajo Barat.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dilakukan MI
Tumbubara, jenis penelitian ini adalah R&D yang berfokus pada pengembangan.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VI MI Tumbubara dan
objeknya adalah modul subtema rukun dalam perbedaan. Data dalam penelitian
dikumpulkan melalui angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian berupa modul subtema rukun dalam perbedaan berbasis
ayat-ayat suci al-qur‟an sebagai alat bantu dalam belajar. Modul yang telah dibuat
selanjutnya divalidasi oleh tiga ahli validator diantaranya ahli agama 92,85%
(sangat valid), ahli bahasa 100%, (sangat valid), dan ahli materi dan desain 87,5%
(valid). Uji kepraktisan yang melibatkan pendidik dan peserta didik di sekolah
memperoleh nilai persentase sebesar 82% (sangat praktis). Hasil uji efektifitas
memperoleh nilai persentase sebesar 90% (sangat efektif). Sehingga, modul
pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi nilai kelayakan dan dapat
digunakan pada pembelajaran di kelas. Adapun implikasinya dapat dilihat dari uji
kepraktisan yaitu, modul pembelajaran yang dikembangkan rata memperoleh nilai
persentase sebesar 82%. Berdasarkan tabel 4.5 tentang kualifikasi tingkat
kepraktisan menunjukkan hasil uji praktikalitas berada pada kategori sangat
praktis.
Kata Kunci : Pengembangan Modul, Rukun dalam Perbedaan, Berbasis
Ayat-ayat Suci Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 22 Mar 2024 00:32
Last Modified: 22 Mar 2024 00:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8456

Actions (login required)

View Item View Item