PROBLEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERSIAPKAN DIRI MENJADI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO)

ALYASADILA, REGITA (2023) PROBLEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERSIAPKAN DIRI MENJADI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Regita Alyasadila, 2023. “Problematika Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Dalam Mempersiapkan Diri Menjadi Guru Pendidikan Agama Islam
(Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo)”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr.
Hj. Andi Riawarda, M.Ag. dan Sudirman, S.Ag., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang problematika mahasiswa Pendidikan Agama
Islam dalam mempersiapkan diri menjadi guru Pendidikan Agama Islam di
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
Mengetahui Bagaimana problematika mahasiswa Pendidikan Agama Islam di
IAIN Palopo dalam Mempersiapkan diri menjadi guru Pendidikan Agama Islam,
2) Mengetahui Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan mahasiswa
Pendidikan Agama Islam di IAIN Palopo dalam mengatasi problematika yang
dihadapi sebelum menjadi guru Pendidikan Agama Islam.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang akan menggambarkan
fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi,
wawancara (Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Semester VII Angkatan 2019
yang berjumlah 10 orang) dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan
adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Problematika mahasiswa
Pendidikan Agama Islam di IAIN Palopo dalam Mempersiapkan diri menjadi
guru Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal
dan eksternal. Pada faktor internal ada problematika cita-cita/minat, dari hal ini
dapat disimpulkan sudah banyak mahasiswa PAI yang berminat atau bercita-cita
menjadi guru PAI, tetapi sebagian kecil masih kurang berminat menjadi seorang
guru PAI. Kemudian ada problematikan pengetahuan PAI, dari hal ini dapat
disimpulkan bahwa masih banyak mahasiswa kurang mengetahui atau kurang
pemahaman tentang pengetahuan PAI. Dari problematika eksternal problematikan
ini terdiri dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, pada lingkungan
keluarga mahasiswa mendapatkan dukungan penuh dari orangtua tapi sebagian
kecil juga masih kurang dukungan dari orang tua, pada lingkungan masyarakat
juga hampir keseluruhan mendukung penuh mahasiswa PAI. 2) Langkah-langkah
yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Agama Islam di IAIN Palopo dalam
mengatasi problematika yang dihadapi sebelum menjadi guru Pendidikan Agama
Islam. sebagai berikut: melatih diri dalam kelancaran membaca al-Qur’an, berlatih
memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadits yang berkaitan dengan pendidikan,
memahami materi pengetahuan Pendidikan Agama Islam, latihan keterampilan
mengajar, Meningkatkan intensitas ibadah sehari-hari mahasiswa PAI.
Kata Kunci: Problematika, Mahasiswa, Guru Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:01
Last Modified: 22 Mar 2024 07:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8479

Actions (login required)

View Item View Item