ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAHTSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO

SERLYANI, SERLYANI (2023) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MADRASAHTSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Serlyani, 2023, “Analisis Penerapan Manajemen Pendidikan Karakter dalam
Pembentukan Perilaku Akhlakul Karimah Peserta Didik di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo” Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nursaeni dan
Hilal Mahmud.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui perilaku akhlakul karimah
peserta didik di MTs Negeri Kota Palopo,proses manajemen pendidikan karakter
di MTs Negeri Kota Palopo, serta faktor pendukung dan penghambat dalam
pembentukan perilaku akhlakul karimah peserta didik di MTs Negeri Kota
Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah kepala madrasah, dan guru. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data
menggunakan pengumpulan/penataan data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Perilaku akhlakul karimah
peserta didik dapat terlihat dalam proses pembelajaran seperti memberi salam
pada awal pembelajaran, membaca doa di awal dan diakhir pembelajaran serta
memberi salam pada saat memulai percakapan. Adapun diluar pembelajaran
perilaku akhlakul karimah ditunjukkan dengan mengucapkan salam dan cium
tangan ketika bertemu guru; (2) Proses manajemen pendidikan karakter peserta
didik di MTs Negeri Kota Palopo tercermin dalam perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Perencanaan pendidikan karakter peserta didik dimulai dari perekrutan
peserta didik baru hingga masuk dalam proses pembuatan rencana pembelajaran
hingga akhir (Penamatan). Serta peserta didikharus mampu menjalankan program�program yang dapat membentuk sisi spritual, sosial, dan kemampuan berprestasi.
Pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik dimulai dari proses pembelajaran
yang berlangsung terus menerus serta pendisplinan, pembiasaan baik dan
memberikan contoh teladan yang baik. Adapun proses evaluasi pendidikan
karakter peserta didik dimulai setiap awal bulan ketika rapat. Sehingga dapat
mengetahui perilaku peserta didik, baik mengenai akhlakul karimah peserta didik
serta pelanggaran- pelanggaran yang dilakukan.; (3)faktor pendukung dalam
pembentukan perilaku akhlakul karimah peserta didik di MTs Negeri Kota Palopo
ada tiga faktor yaitu kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, serta
lingkungan sekolah dan keluarga. Sedangkan faktor penghambat dalam
pembentukan perilaku akhlakul karimah peserta didik yaitu faktor dari lingkungan
pergaulan peserta didik serta faktor dari orang tua peserta didik. Dimana
kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya, keterbatasan waktu bersama anak,
serta pengaruh dari teknologi.
Kata kunci : Manajemen Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah
xxiv
ABSTRACT
Serlyani, 2023, “Management Analysis of character Education in the
Formation of Akhlakul Karimah Behavior of Students at
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo City” Thesis for the
islamic Education Management Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teaching Science, Institute of Islamic Religion
Negeri Palopo. Supervised by Nursaeni and Hilal Mahmud.
This study aims: To determine the behavior of students at MTs
Negeri Palopo City, the character education management process at MTs
Negeri Palopo City, To find out the supporting and inhibiting factors in the
formation of the akhlakul karimah behavior of students at MTs Negeri
Palopo City.
The type of research used is qualitative research. The subjects of
this study were the head of the madrasah and teachers. The research data
were obtained through interviews, obsevation, and documentation studies.
The data analysis technique uses data collection, data presentation, and
conclusion drawing.
The results of this study indicate that; (1) The moral behavior of
students in the learning process has instilled moral values such as greeting
at the beginning of learning, reading prayers at the beginning and end of
learning and greeting when starting a conversation. As for outside of
learing, they still show good moral behavior such as greeting and kissing
hands when meeting teachers,(2)The process of management student
character education at MTs Negeri Palopo City is reflected in planning,
implementation and evaluation. Planning for student character education
starts from recruiting new students to entering the learning plan creation
process until the end (Completion). And students must be able to carry out
programs that can shape their spiritual, social and achievement
abilities.The implementation of student character education begins with a
continuous learning process as well as discipline, good habits and
providing good role models. The process of evaluating student character
education begins at the beginning of every month at a meeting. So that you
can find out the behavior of students, both regarding the students' morals
and violations; (3) there are three supporting factors in the formation of
students akhlakul karimah behavior at MTs Negeri Palopo City, namely
the curriculum, educators and education staff, as well as the school and
family environment. Meanwhile, the inhibiting factors in the formation of
students akhlakul karimah behavior are factors from the students social
environment and factors from the students parents. Where is the lack of
attention of parents to their children, limited time with children, and the
influence of technology.
Keywords : Character Education Management, Akhlakul Karimah
xxv
خلَصت
س١ش١ٌبٟٔ، ،2023 "اٌزحً١ٍ اإلداسٞ ٌزؼُ١ٍ اٌشخص١خ فٟ رىٓ٠ٛ اٌسٍٛن األخَللٟ اٌىشُ٠ ٌٍطَلة فٟ ِذسسخ
ثبٌٛثٛ اٌحى١ِٛخ اٌزسٕب٠ٚخ" سسبٌخ ٌجشٔبِح دساسخ إداسح اٌزشث١خ اإلسَل١ِخ، و١ٍخ اٌزشث١خ ٚرذس٠ت اٌّؼ،ٓ١ٍّ
ِؼٙذ ثبٌٛثٛ اإلسَلِٟ اٌحىِٟٛ. رحذ إششاف ٛٔسسٕ١ٟ َ٘ٚلي ِحّٛد.
رٙذف ٘زٖ اٌذساسخ إ:ٌٝ رحذ٠ذ سٍٛن اٌطَلة فٟ اٌّذسسخ اٌزسٕب٠ٚخ ثٍذ٠خ ثبٌٛثٛ؛ ٌّؼشفخ ػ١ٍّخ إداسح رؼُ١ٍ
اٌشخص١خ فٟ اٌّذسسخ اٌزسب١ٔخ ١ٔد١شٞ ثبٌٛثٛ؛ ٌّؼشفخ اٌؼٛاًِ اٌذاػّخ ٚاٌّثجطخ فٟ رىٓ٠ٛ سٍٛن األخَلق
اٌىشاِخ ٌٍطَلة فٟ ِذسسخ رسبٔب٠ٚخ ١ٔدشٞ ِذٕ٠خ ثبٌٛث.ٛ
ٛٔع اٌجحث اٌّسزخذَ ٛ٘ اٌجحث إٌٛػٟ. وبْ ِٛضٛع ٘زٖ اٌذساسخ ِذ٠ش اٌّذسسخ ٚاٌّؼ.ٓ١ٍّ رُ اٌحصٛي
ػٍٝ ث١بٔبد اٌجحث ِٓ خَلي اٌّمبثَلد ٚاٌَّلحظخ ٚدساسبد اٌزٛث١ك. رسزخذَ رم١ٕخ رحً١ٍ اٌج١بٔبد خّغ /
رٕظُ١ اٌج١بٔبد ٚػشض اٌج١بٔبد ٚاسزخَلص إٌزبئح
رش١ش ٔزبئح ٘زٖ اٌذساسخ إٌٝ :ْ )1( غشس اٌسٍٛن األخَللٟ ٌٍطَلة فٟ ػ١ٍّخ اٌزؼٍُ اٌمُ١ األخَلل١خ ِثً
اٌزح١خ فٟ ثذا٠خ اٌزؼٍُ ٚلشاءح اٌصَلح فٟ ثذا٠خ اٌزؼٍُ ٙٔٚب٠زٗ ٚاٌزح١خ ػٕذ ثذء ِحبدثخ. ِب خبسج اٌزؼٍُ فَل
صاٌٛا ٠ظٙشْٚ اٌسٍٛن األخَللٟ اٌد١ذ ِثً اٌسَلَ ٚرمجً١ األ٠ذٞ ػٕذ ِمبثٍخ اٌّؼٓ١ٍّ؛ )2( ٠زُ اٌزخط١ظ
ٚاٌزٕف١ز ٚاٌزمُ١١ ٌؼ١ٍّخ إداسح رؼُ١ٍ اٌشخص١خ ٌٍطَلة فٟ اٌّذسسخ اٌزسب١ٔخ ١ٔد١شٞ ثبٌٛث.ٛ إْ ػ١ٍّخ اٌزخط١ظ
ٌزؼُ١ٍ شخص١خ اٌطبٌت ِٛخٛدح ثبٌفؼً فٟ اٌّٛضٛػبد. ٌزٌه ٠دت ْ ٠ىْٛ اٌطَلة لبدسٓ٠ ػٍٝ رٕف١ز
اٌجشاِح اٌزٟ ّ٠ىٓ ْ رشىً اٌمذساد اٌشٚح١خ ٚاالخزّبػ١خ ٚاٌزحص١ٍ١خ )اٌّؼشفخ ٚاٌّٙبساد(. ٠جذ رٕف١ز
رؼُ١ٍ شخص١خ اٌطبٌت ِٓ ػ١ٍّخ اٌزؼٍُ اٌّسزّش ثبإلضبفخ إٌٝ االٔضجبط ٚاٌؼبداد اٌد١ذح ٚإػطبء األِثٍخ
اٌد١ذح. رجذ ػ١ٍّخ رمُ١١ اٌزشث١خ اٌشخص١خ ٌٍطَلة فٟ ثذا٠خ وً شٙش خَلي اٌٍمبء. حزٝ ٠زّىٓ ِٓ ِؼشفخ
سٍٛو١بد اٌطَلة سٛاء فّ١ب ٠زؼٍك ثطٍجخ األخَلق اٌىشّ٠خ ٚاٌّخبٌفبد اٌّشرىجخ؛ )3( اٌؼٛاًِ اٌذاػّخ فٟ
رشىً١ سٍٛن األخَلق اٌىشّ٠خ ٌٍطَلة فٟ اٌّذسسخ اٌزسب١ٔخ ١ٔد١شٞ ثبٌٛثٛ ٟ٘ ثَلثخ ػٛا،ًِ ٟ٘ٚ إٌّب٘ح
اٌذساس١خ ٚاٌّؼٓ١ٍّ ٚطبلُ اٌزؼ،ُ١ٍ ثبإلضبفخ إٌٝ اٌج١ئخ اٌّذسس١خ ٚاٌؼبئ١ٍخ. ٚفٟ اٌٛلذ ٔفس،ٗ فإْ اٌؼٛاًِ
اٌّثجطخ فٟ رىٓ٠ٛ سٍٛن األخَلق اٌىشّ٠خ ٌذٜ اٌطَلة ٟ٘ ػٛاًِ ِٓ اٌج١ئخ االخزّبػ١خ ٌٍطَلة ٚػٛاًِ
ِٓ ١ٌٚبء ِٛس اٌطَلة. ٓ٠ ٛ٘ ػذَ ا٘زّبَ اٌٛاٌذٓ٠ ثأثٕبئ،ُٙ ٚض١ك اٌٛلذ اٌزٞ ٠مضٗٔٛ ِغ األطفبي،
ٚرأث١ش اٌزىٌٕٛٛخ١ب.
اٌىٍّبد اٌّفزبح١خ: إداسح رؼُ١ٍ اٌشخص١خ، خَلق اٌىشّ٠خ

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 25 Mar 2024 00:04
Last Modified: 25 Mar 2024 00:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8482

Actions (login required)

View Item View Item