PENGEMBANGAN PETA 3D BERORIENTASI MATERI KEARIFAN LOKAL SULAWESI SELATAN DI KELAS IV SD NEGERI 309 UJUNG BASSIANG KABUPATEN LUWU

NURDIN, MUHAMMAD KADRI (2024) PENGEMBANGAN PETA 3D BERORIENTASI MATERI KEARIFAN LOKAL SULAWESI SELATAN DI KELAS IV SD NEGERI 309 UJUNG BASSIANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of MUHAMMAD KADRI NURDIN.pdf] Text
MUHAMMAD KADRI NURDIN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Kadri Nurdin, 2023. “Pengembangan Peta 3D Berorientasi Materi
Kearifan Lokal Sulawesi Selatan di Kelas IV SD Negeri 309 Ujung
Bassiang Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh ibu Hj Nursyamsi dan bapak Arwan
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media peta 3D berorientasi
materi kearifan lokal Sulawesi selatan di kelas IV SD Negeri 309 Ujung Bassiang
Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui analisis kebutuhan
media peta 3D; untuk mengetahui proses pengembangan media peta 3D; untuk
mengetahui tingkat kevalidan media peta 3D; dan untuk mengetahui tingkat
kepraktisan dari media peta 3D dalam tema indahnya keragaman di negeriku
berbasis kearifan lokal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research
and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembanggan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri 309 Ujung Bassiang Kabupaten Luwu. Objek penelitian ini
adalah media peta 3D yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
sedangkan subjeknya adalah pendidik dan peserta didik. Penelitian ini
menghasilkan sebuah produk berupa peta 3D dilengkapi dengan ensiklopedia 3
Kota dan 21 Kabupaten dan juga tongkat Kabupaten. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan pemberian angket
kepada pendidik dan peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis kebutuhan dalam
pembelajaran berlangsung diperlukan inovasi baru terkait media pembelajaran
berupa peta 3D terkhusus pada tema indahnya keragaman di negeriku. Adapun
proses pengembangan media tersebut dibuat berdasarkan model ADDIE. Serta
untuk kevalidan media peta 3D yang divalidasi oleh 2 orang ahli, yaitu ahli media
dengan nilai 81,8% (kategori sangat valid), dan ahli materi dengan nilai 87,50%
(kategori sangat valid), persentase rata-rata nilai dari kedua validator sebesar
84,65% (kategori sangat valid). Untuk uji praktikalitas diperoleh hasil dari peserta
didik sebesar 91,23% dan dari pendidik sebesar 95%.
Kata kunci: Peta 3D, Kearifan Lokal Sulawesi Selatan, Keragaman Suku Bangsa
dan Budaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.102 Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:27
Last Modified: 25 Mar 2024 02:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item View Item