UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

LATIF, DEVIANTI RAMADINI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of DEVIANTI RAMADINI LATIF.pdf] Text
DEVIANTI RAMADINI LATIF.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Devianti Ramadini Latif, 2023. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Membimbing Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh H. Bulu dan
Mustafa.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Membimbing Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Penelitian
ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik
di SMA Negeri 1 Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara; 2) mengetahui
upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing kemampuan membaca
Al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 1 Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu
Utara; 3) mengetahui faktor penghambat dan solusi mengatasi yang dilakukan
guru Pendidikan Agama Islam sehingga kemampuan membaca Al-Qur’an peserta
didik di SMA Negeri 1 Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara meningkat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan psikologi dan sosiologi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an
peserta didik di SMA Negeri 1 bervariasi, ada yang lancar, ada yang terbata-bata,
dan ada yang hampir tidak bisa; 2) upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama
Islam dalam membimbing kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMA
Negeri 1 Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara adalah membiasakan
peserta didik membaca Al-Qur’an ketika masuk kelas, mengajarkan metode
Dirosa (Dirasah Orang Dewasa) dengan menyediakan sendiri buku ajar; 3) Faktor
penghambat: peserta didik malas belajar Al-Qur’an dan mengulanginya di rumah,
lebih banyak bermain ponsel, kurangnya kepedulian orang tua, dan minimnya
fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Solusi mengatasi: melibatkan orang tua
untuk menasihati anaknya, menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya bagi
peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an, dan mengadakan program
Jum’at literasi Al-Qur’an.
Kata Kunci: Upaya Guru, Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan
Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:07
Last Modified: 26 Mar 2024 01:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8525

Actions (login required)

View Item View Item