ANALISIS PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI 10 TUMBUBARA KABUPATEN LUWU

IKRAM, SITTI HAFSAH (2023) ANALISIS PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI 10 TUMBUBARA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of SKRIPSI Hafsa Ikram (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI Hafsa Ikram (REPOSITORY).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
SITTI HAFSAH IKRAM, 2023, “Analisis Peran Kepala Madrasah Sebagai
Motivator Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama
Islam Di MI 10 Tumbubara Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Alauddin dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang analisis peran kepala madrasah sebagai
motivator dalam meningkatkan kedisiplinan guru pendidikan agama islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah
sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif.Adapun sumber informasi dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah MI
10 Tumbubara, 2 Guru Pendidikan Agama Islam,1 Guru Kelas dan siswa kelas
VI. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan beberapa teknik diantaranya
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan
reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, gambaran kedisiplinan
guru pendidikan agama islam lebih ditingkatkan lagi, guru harus tepat waktu
dalam memulai pembelajaran dalam kelas. Kedua, peran kepala madrasah sebagai
motivator sudah berjalan maksimal dalam meningkatkan kedisiplinan guru
pendidikan agama islam dan masih perlu ditingkatkan lagi karna berpengaruh
pada proses pembelajaran.Ketiga, hambatan yang dihadapi kepala sekolah sebagai
motivator sudah diatasi dan melakukan seluruh aturan yang telah ditetapkan oleh
sekolah baik itu disampaikan kepada guru maupun siswa.
Kata Kunci: Peran, Motivator, Kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 27 Mar 2024 00:13
Last Modified: 27 Mar 2024 00:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8553

Actions (login required)

View Item View Item