PENGEMBANGAN MEDIA AJAR DIGITAL BERBANTUAN APPYPIE DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMA NEGERI 1 LUWU

SOMPA, TENRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR DIGITAL BERBANTUAN APPYPIE DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMA NEGERI 1 LUWU. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of SKRIPSI_A. TENRI SOMPA_ (REPOSITORY).pdf] Text
SKRIPSI_A. TENRI SOMPA_ (REPOSITORY).pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
A. Tenri Sompa, 2023. “Pengembangan Media Ajar Digital Berbantuan Appypie
dengan Pendekatan STEM pada Materi Barisan dan
Deret Kelas X SMA Negeri 1 Luwu” Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Salmilah dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan media ajar digital
berbantuan aplikasi appypie dengan pendekatan Science Technology Engineering
and Mathematics (STEM) pada materi barisan dan deret kelas X SMA Negeri 1
Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan media ajar digital berbantuan aplikasi appypie dengan pendekatan
Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi barisan
dan deret kelas X SMA Negeri 1 Luwu.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, Evolution). Metode R&D merupakan pendekatan
yang digunakn untuk mengembangkan dan menguji efektifitas suatu produk atau
inovasi dalam pendidikan.
Media ajar digital yang dikembangkan berbantuan appypie dengan
pendekatan STEM menghasilkan file dalam bentuk aplikasi dan menunjukkan
validitas 90,17% oleh ahli media dengan kategori sangat valid dan 96.87% oleh
ahli materi dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan memperoleh persentase
76,8% dengan kategori praktis, serta media ajar ini terbukti sangat efektif dengan
mencapai tingkat efektivitas sebesar 95,2% dengan kategori sangat efektif.
Dengan simpulan ini, implikasi pada penelitian ini memberikan potensi positif
dari pengembangan media ajar digital berbantuan appypie dengan pendekatan
STEM dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran, hasil belajar peserta didik,
serta pengembangan potensi guru dalam pendidikan matematika.
Kata Kunci: Media Ajar, STEM, Barisan dan Deret
xxiii
ABSTRACT
A. Tenri Sompa, 2023. "Development of Digital Teaching Media Assisted by
Appypie with a STEM Approach on the Material of
Rows and Rows of Class X SMA Negeri 1 Luwu" Thesis
of Mathematics Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Science, Palopo State Islamic
Institute. Supervised by: Salmilah and Sitti Zuhaerah
Thalhah.
This thesis discusses the development of digital teaching media assisted by
the appypie application with the Science Technology Engineering and
Mathematics (STEM) approach on the material of rows and series of class X SMA
Negeri 1 Luwu. This study aims to determine the results of validity, practicality
and effectiveness of digital teaching media assisted by the appypie application
with the Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) approach in
the material of rows and series of class X SMA Negeri 1 Luwu.
The method used in this research is the Research and Development (R&D)
research method with the ADDIE model (Analyze, Design, Development,
Implementation, Evolution). The R&D method is an approach used to develop
and test the effectiveness of a product or innovation in education.
Digital teaching media developed with the help of appypie with a STEM
approach produces files in the form of applications and shows 90.17% validity by
media experts with a very valid category and 96.87% by material experts with a
very valid category. The practicality test obtained a percentage of 76.8% with a
practical category, and this teaching media proved to be very effective by reaching
an effectiveness level of 95,2% with a very effective category. With these
conclusions, the implications of this study provide the positive potential of the
development of digital teaching media assisted by appypie with a STEM approach
and its impact on the quality of learning, student learning outcomes, and the
development of teacher potential in mathematics education.
Keywords: Teaching Media, STEM, Rows and Sequences
xxiv
تجريدي
أَ. تِنْرِي سُومْبَا،٠٢٠٢.ُُْٕن ُٕخ َِٛا َٔانخَّك ََْٓح انْعُه ُٕو ٘ يَع ًَِّْٛت ب ًُِسَاعَذَة أَبْم بَا ًَِِّٛٛت سَق َٔسَائِم حَعْه ِْٕٚش "حَط
َٔانش َِّٚاض َِّٛاث َُْْٓذَسَت َٔان(STEM)َِٙٔان ًَخَخَان َِٛاث نِهصَّف ِّ انْعَاشِش ف ِٙ ي َْٕض ُٕع انخَّسْهِس َُلَث ف
َََِّٕٚت انْحُك ُٕي َِّٛت سَقْى ان ًَْذْسَسَت انثَّإُٔٔ". سِسَانَت بَش ََْايَح دسَاسَاث حَعْه ِٛى انش َِّٚاض َِّٛاث بِكُه َِّّٛت انخَّشْب َِٛت ِٙ ن ف َ
َُْْٛش ِٙ ص َٔس ِْٛخ ًِْْٛهَت ٕ نِهْعُه ُٕو اإلِس َْلَي َِّٛت. حَحْج إِشْشَاف: سَان َٔعُه ُٕو انخَّشْب َِٛت بِدَايِعَت بَان ٕبة طَهْحَت.ِّ
َٔانخ َُِْٓح انْعُه ُٕو ٘ ب ًَِّْٛت ب ًُِسَاعَذَة حَطْب ِٛق أَب ّٛبَا ًَِِّٛٛت سَق ُٔسائِظ حَعْه ِِ انشِسانَت حَخ ََُا َٔل حَط َُّٕس ْزُُْٕن ُٕخ َِٛا ك
َٔانش َِّٚاض َِّٛاث َُْْٓذَسَت َٔان(STEM)ِْٙ يَذ َٔانخَّسْهِسُم نِصَف ّ انْعَاشِش ف ِٙ ي َْٕض ُٕع انسُّهَسَم فَََِّٕٚت حُك ُٕي َِّٛت سَسَت ثَا
سَقَى1ًَُِّْٛٔسائِظ انخَّعْه ِٛى انشَّق َٔفَعَّان َِّٛت َٔي َُلَءَيَت َٗ يَعْشِفَت ََخَائِح صِحَّت َْز ِِ انذِّسَاسَت إن ح َْٓذَف .ُٕٔ ِٙ ن فت ب ًُِسَاعَذَة
َٔا َُْْٓذَسَت َٔان ُُْٕن ُٕخ َِٛا َٔانخِّك َُِْٓح انْعُه ُٕو ٘ ب حَطْب ِٛق أَب ّٛبَانش َِّٚاض َِّٛاث(STEM)َٔانخَّسْهِسُم ِٙ ي َْٕض ُٕع انسُّهَسَم ف
َََِّٕٚت حُك ُٕي َِّٛت سَقَى ِٙ يَذْسَسَت ثَا نِصَف ّ انْعَاشِش ف1 ُِٕٔٙ ن ف.ِ
ِ َٔانخَّط َُّٕس ُ انبَحْث طَش ِٚقَت ِْٙ ِ انبَحْث َْزَا ِٙ ُ ف ُ ان ًُسْخَخْذَيَت انطَّش ِٚقَت(R&D)ِبِاِسْخِخْذَاو ِ
ًَََْٕرَجADDIEِِ َٔانخَّط َُّٕس َٔطَش ِٚقَت ُ انبَحْث .)ِْٕٚش ِْٕٚش، ح َُْف ِٛز، حَط ًِْٛى، حَط (حَحْه ِٛم، حَص(R&D)ٌََْٓح ِْٙ
ِٙ يَدَال ِ انخَّعْه ِٛى َِٔ ابْخِكَاس ٍ ف ِ َٔاِخْخِبَاس ِ فَعَّان َِّٛت ِ ي َُْخَح ٍ أ ِْٕٚش ُٚسْخَخْذَو ُ نِخَط. ِٙ
ًَِّْٛت ُ انَّخ َٔسَائِظ ُ انخَّعْه ِٛى ِ انشَّقَُِِْٓح ٘ ب ِْٕٚش َُْا ب ًُِسَاعَذَة ِ أَب ِّٛبَا حُى َّ حَطSTEMٍأ ََْخَدَج ْ يِهْفًا بِخَطْب ِٛق ِ
َٔأَظ َْٓشَث ْ صِحَّت ً ب ُِِسْبَت٩ٔ.٧ٓ ٍَِْٔ قِبَم ِ خُبَشَاء ِ ان َْٕسَائِظ ِ بِخَص ُِْٛف ٍ "صَح ِٛحًا خِذًّا" % ي٧٨.٦٩ ٍِِْ قِبَم % ي ً
ًََْٕاد ِ بِخَص ُِْٛف ٍ "صَح ِٛح خُبَشَاء ِ ان ََٔأَظ َْٓشَث ْ اِخْخِبَاسَاث ُ انْفَعَّان َِّٛت ِ َِسْبَت ا خِذًّا" أ َْٚضًا.٩٨.٦،"ٍِّٙ بِخَص ُِْٛف ٍ "ع ًََه % َٗ
ْ َِسْبَت َ انْفَعَّان َِّٛت ِ إِن ُ َٔصَهَج ِِِ ان َْٕسَائِظ َ أَثْبَخَج ْ فَعَّان َِّٛخ ََٓا بِشَكْم ٍ كَب ِٛش ٍ ح َْٛث َْز ٌََّ ك ًََا إٔ..٧ ً% بِخَص ُِْٛف ٍ "فَعَّاالِْٕ
ٌََّ َْزَا انْبَحْث َ ُٚفَخِّح ُ ان ًَْدَال َ نِهخَّط ٍُِ انْق َْٕل ُ بِأ ًُْٚك ِ َْز ِِِ االِسْخ ُِْخَاخَاثِ، ََلَل خ ٍِْ َٔي خِذًّا". ِِِّٙ ن َِٕسَائِظ ِ انخَّعْه ِٛى ٚش ِ اإل ِٚدَاب ِ
َُِْٓح ٘ ب ًَِّْٛت ِ ب ًُِسَاعَذَة ِ أَب ِّٛبَا انشَّقSTEMخ ُٕدَة ِ ا َٗ َٔحَأْث ِٛش َِْا عَه ، َِٗ َََٔخَائِح ِ حَعَهُّى ِ انط َُّلَبِ، بِاإلِضَافَت ِ إِن نخَّعَهُّى ِ
ِٙ يَدَال ِ انخَّعْه ِٛى ِ انش َِّٚاض َِّٛاث ف ًٍَِِّٛ ِْٕٚش ِ إِيْكَا ََِّٛاث ِ ان ًُْعَه حَط.
الكلمات المفتاحية:حذسٚس انٕسائظ ، انعهٕو ٔانخكُٕنٕخٛا ٔانُٓذست ٔانشٚاضٛاث ، انخظ ٔانسَلس

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:17
Last Modified: 28 Mar 2024 02:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item