PENGEMBANGAN MEDIA BILIK LITERASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGINGAT DAN MEMAHAMI PEMBELAJARAN HIDUP RUKUN KELAS II SDN 61 MARIO

NURHIDA, NURHIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BILIK LITERASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGINGAT DAN MEMAHAMI PEMBELAJARAN HIDUP RUKUN KELAS II SDN 61 MARIO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of REPOS.pdf] Text
REPOS.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhida, 2023 , “Pengembangan Media Bilik Literasi Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Peserta Didik Dalam Mengingat dan Memahami
Pembelajaran Hidup Rukun Kelas II SDN 61 Mario”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Pembimbing (1) Bapak Nurdin dan Pembimbing (2)
Ibu Rosdiana
Pentingnya penggunaan media berpengaruh terhadap pembelajaran peserta didik,
namun terkadang ada juga pendidik tidak memperhatikan dan menggunakan media
berdasarkan pembelajaran hanya menggunakan dan mengutamakan buku pembelajaran.
Peneliti melakukan dan mencoba menggunakan dan memperkenalkan media bilik literasi
kepada peserta didik untuk meningkatkan kefektifitas peserta didik agar peserta didik bisa
lebih efektif dan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil kevalidan dan kepraktisan penggunaan media bilik literasi pada subtema
hidup rukun di SDN 61 Mario.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE di SDN 61 Mario, jenis penelitian ini
adalah R&D yang berfokus pada pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas II SDN 61 Mario dan objeknya adalah media bilik literasi. Data dalam
penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara.
Hasil penelitian ini berupa pengembangan media bilik literasi untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik dalam mengingat dan memahami pembelajaran hidup rukun
kelas II sdn 61 mario. Media yang telah dibuat telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh
tiga ahli validator diantaranya ahli materi 67,5 %, ahli desain media 65%, dan ahli desain
bahasa 75%, ke tiga validator mengatakan bahwa penggunan media bilik literasi sangat
valid dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan tema hidup rukun.
Kata Kunci : Pengembangan Media Bilik, Literasi , dan Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:51
Last Modified: 01 Apr 2024 01:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8626

Actions (login required)

View Item View Item