STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA PERILAKU TERPUJI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO

SAHIR, ASMA (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA PERILAKU TERPUJI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of REPOS.pdf] Text
REPOS.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Asma Sahir, 2022. “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membina Perilaku
Terpuji Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr.
Nurdin K., M.Pd., dan Abdul Rahim Karim, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Akidah Akhlak dalam
Membina Perilaku Terpuji Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota
Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui realitas perilaku terpuji
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo; Untuk mengetahui
strategi guru akidah akhlak dalam membina perilaku terpuji peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus yang akan mendeskripsikan data berupa kata-kata tertulis maupun
lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi/menarik
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: perilaku terpuji peserta didik
di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo dapat dikatakan baik. Perilaku
terpuji seperti sopan, santun, salam, sapa, salim, disiplin, menghormat guru dan
menghargai teman, dan peduli. Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membina
Perilaku Terpuji Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo yaitu
guru menjadi teladan bagi peserta didik, menjelaskan, memberikan tugas dan
mengevaluasi pemahaman peserta didik serta mempraktekkan tentang akhlak
terpuji atau perilaku terpuji, memberikan nasehat, memahami karakter dan kondisi
peserta didik, dan berdoa. Dalam pembinaan perilaku terpuji peserta didik juga
dilakukan pada kegiatan yang diadakan oleh sekolah seperti 15 membaca ayat al�Qur’an sebelum proses pembelajaran, shalat dzuhur setiap hari di masjid sekolah,
shalat dhuha setiap hari Jumat pagi di masjid sekolah, pelatihan kepemimpinan
bagi pengurus osis dengan berbagai materi yang diberikan seperti materi
keagamaan, adapun ekstrakulikuler dengan kegiatan keagamaan, seperti tilawah,
muadzin, dakwah yang dilakukan sekali dalam sepekan.
Kata kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Perilaku Terpuji

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:28
Last Modified: 01 Apr 2024 01:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8630

Actions (login required)

View Item View Item