PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MATERI TATA CARA BERWUDHU KELAS IV SDN 161 SENDANG SARI KECAMATAN MANGKUTANA

OCTAPIA, CINDY REKA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MATERI TATA CARA BERWUDHU KELAS IV SDN 161 SENDANG SARI KECAMATAN MANGKUTANA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of REPOS.pdf] Text
REPOS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Cindy Reka Octapia, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Video Aimasi Materi Tata Cara Berwudhu kelas IV SDN 161 Sendang
Sari Kecamatan Mangkutana.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Palopo, Dibimbing oleh Bapak Taqwa dan Bapak Asgar Marzuki.
Pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 161 Sendang Sari masih
disajikan secara teoritis dan lebih banyak berpusat pada guru hal tersebut
dikarenakan belum tersedianya media pembelajaran yang bervariasi seperti video
animasi sehingga menyebabkan kurangnya minat dan motivasi peserta didik
dalam memahami pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan dilakukan
penlitian ini untuk mengetahui validitas dan praktikalitas serta efektivitas media
pembelajaran video animasi pada materi tata cara berwudhu kelas IV di SDN 161
Sendang Sari.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D, dengan model
pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta
didik kelas IV. Objek penelitian ini adalah video animasi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam materi tata cara berwudhu. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif
dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa video animasi pembelajaran
pendidikan agama Islam dari segi kevalidan telah memenuhi kriteria valid dengan
perolehan hasil validasi materi dengan persentase 92% masuk dalam kategori
sangat valid dan validasi ahli media dengan persentase 90%. kategori sangat
valid. Memenuhi kriteria praktis dengan perolehan persentase 87,5% oleh
pendidik dan perolehan persentase 90% oleh peserta didik. Video animasi
pembelajaran juga efektif digunakan dalam pembelajaran karena telah
memperoleh kriteria ketuntasan minimal >75% tes pilihan ganda. Dengan
demikian video animasi pendidikan agama Islam pada materi tata cara berwudhu
layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Tata Cara Berwudhu, Video Animasi
xxi
ABSTRACT
Cindy Reka Octapia , 2023. " Development of Learning Media Animation Video
Based Material on Procedures for Performing Wudhu class IV SDN 161
Sendang Sari District Mangkutana .” Thesis, Study Program Islamic
Religious Education, Faculty Tarbiyah And Knowledge Teacher Training,
State Islamic Institute Palopo , Guided by Father Taqwa and Father Asgar
Marzuki .
Reality on the ground show that learning Islamic religious education at
SDN 161 Sendang Sari still served in a way theoretical And more Lots centered to
the teacher p the because Not yet availability of varied learning media like an
animated video so that cause lack of interest And motivation participant educate
in understand learning Islamic religious education . Objective done research This
For know development And effectiveness of animated video learning media on
material system method perform ablution at SDN 161 Sendang Sari.
Study This research uses R&D research, with the ADDIE development
model. The subjects in this research were educators and class IV students. The
object of this research is an animated video of Islamic Religious Education
learning material on ablution procedures. Data collection techniques in this
research are observation, interviews, questionnaires, tests and documentation. The
data analysis techniques used are qualitative descriptive analysis and quantitative
descriptive analysis.
Results study This showing that animated video learning Islamic religious
education from facet validity has fulfil valid criteria with acquisition results
validation material with A score of 92% is in in category very valid and validation
media expert with value 90%. With category very valid. Fulfil criteria practical
with acquisition score 87.5 % by educator And acquisition score 90% by
participant educate . Animated videos learning Also effective used in learning
Because has obtain criteria minimum completeness >75% of the test choice
double . With that's the animated video Islamic religious education on material
system method perform ablution worthy used in the learning process .
Say Key : Learning Media, Procedures for Wudhu, Animation Videos

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:47
Last Modified: 01 Apr 2024 02:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8636

Actions (login required)

View Item View Item