RAFLI, MUH (2024) PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (111kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
SKRIPSI (REPOSITORY).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muh. Rafli, 2023. “Penggunaan Multimedia Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di
Madrasah Aliyah Negeri Kota Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Perguruan
Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Mawardi dan Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas mengenai gambaran penggunaan multimedia dalam proses
pembelajaran di MAN Palopo, penggunaan multimedia dalam meningkatkan
motivasi belajar dan faktor penghambat penggunaan multimedia dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas X di MAN Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang menggunakan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi,
menggunakan media pembelajaran berbasis media Power Point. Pada penelitian
subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XA Tahfiz di MAN Palopo, sebanyak
satu kelas yang berjumlah 36 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan multimedia sendiri di MAN
Palopo sudah sering diterapkan namun untuk media Power Point sendiri masih
kurang, sebab selain keterbatasan jumlah fasilitas proyektor yang sangat terbatas
dan kemampuan guru-guru senior pun masih kurang dalam penggunaan media
Power Point, 2) Pada siklus I proses pembelajaran yang digunakan masih metode
konvensional dan menunjukkan tingkat motivasi peserta didik yang rendah yaitu
pada pertemuan I yaitu 46.53% dan pertemuan II yaitu 53.13%. Selanjutnya pada
Siklus II sudah mulai diterapkan metode pembelajaran dengan media Power Point
dan didapatkan hasil bahwa tingkat motivasi belajar peserta didik naik cukup
signifikan yaitu pertemuan I yaitu 75% dan pertemuan II yaitu 89.24%, 3). Faktor
utama penghambat penggunaan media power point yaitu terbatasnya jumlah
fasilitas proyektor disekolah dan masih kurangnya kemampuan dan kreatifitas
para guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan media Power Point
terutama guru-guru senior.
Kata Kunci : Multimedia, Power Point, Motivasi Belajar
xxiii
ABSTRACT
Muh. Rafli, 2023. "Use of Multimedia in Increasing Students' Learning Muh.
Rafli, 2023. "Use of Multimedia in Increasing Students' Learning
Motivation in Class X Moral Creed Subjects at State Madrasah Aliyah
Palopo City". Thesis of the Islamic Religious Education Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic Religious
Institute (IAIN) Palopo. Supervised by Mawardi and Tasdin Tahrim.
This thesis discusses the description of the use of multimedia in the learning
process at MAN Palopo, the use of multimedia in increasing learning motivation
and the factors inhibiting the use of multimedia in increasing students' learning
motivation in class X Aqidah Moral subjects at MAN Palopo. This research is
classroom action research (PTK) which uses a cycle of planning, action,
observation and reflection, using Power Point-based learning media. In the
research, the research subjects were students in class XA Tahfiz at MAN Palopo,
a class of 36 students. Data collection was carried out by observation, interviews,
documentation and tests.
The results of this research are: 1) The use of multimedia itself at MAN
Palopo has often been implemented but the Power Point media itself is still
lacking, because apart from the limited number of projector facilities which are
very limited and the ability of senior teachers is still lacking in using Power Point
media, 2) In cycle I, the learning process used was still conventional methods and
showed a low level of student motivation, namely at meeting I, namely 46.53%
and meeting II, namely 53.13%. Furthermore, in Cycle II, the learning method
using Power Point media began to be implemented and the results showed that the
level of students' learning motivation increased quite significantly, namely the
first meeting, namely 75% and the second meeting, namely 89.24%, 3) The main
factor inhibiting the use of Power Point media was the limited number. projector
facilities in schools and the lack of ability and creativity of teachers in
implementing learning using Power Point media, especially senior teachers.
Keywords: Multimedia, Power Point, Learning Motivation
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 00:50 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 00:50 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8646 |
Actions (login required)
View Item |